Ads (728x90)

PADANG POS (Padang)-Sedikitnya 86 breaker atau pengguna radio amatir di Sumatera Barat ikut Ujian Nasional Radio Amatir (Unar), yang diselenggarakan oleh Organisasi Amatir Radio Indonesia atas fasilitasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ujian Nasional Radio Amatir (Unar) di Sumatera Barat berlangsung di dua tempat yakni Hotel Daima dan Pasaman Timur, Minggu (23/11) tersebut dihadiri sejumlah pengurus ORARI Daerah Sumbar diantaranya Martinus Efendi.

Peranan Radio Amatir dalam menunjang tugas kemanusian dan kemasyarakatan memang sangat diperlukan, sehingga bermafaat dalam penyaluran informasi tentang berbagai peristiwa marabahaya, bencana alam dan kebakaran, puting beliung, longsor, atau musibah dan peristiwa penting lainnya. Sehingga kabar ini bisa dengan cepat tersebar kepada masyarakat dan pihak-pihak berwenang.

Peserta Unar disamping sukses mengikutinya, diharapkan juga dapat berperilaku baik dalam melaksanakan kegiatan amatir radio, agar selanjut­nya dapat menjunjung tinggi etika komunikasi dan menjaga agar peng­guna spektrum frekwensi radio se­suai dengan peruntukannya. ”Saya sangat bersyukur peserta Unar di Sumbar yang juga diikuti oleh 86 orang peserta yang terbagi pada tiga tingkatan, diantaranya; tingkat Siaga (Baru), tingkat Penggalang (kenaikan pangkat), dan tingkat Penegak (Yengki Bravo). Adapun materi yang diujikan diantaranya Pancasila, QSO (peraturan radio), teknik radio, morse dan Bahasa Inggris," ucapnya.(bentengsumbar.com)

Post a Comment