Ads (728x90)

PADANG POS-Ir Bachtul mantan anggota DPRD Sumatera Barat priode 2004-2009 dan 2009-2014, asal nagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, menyatakan siap untuk maju sebagai salah seorang calon Bupati Kabupaten Solok, priode 2015-2020 mendatang
 
“Kalau memang pemilu dilaksanakan secara langsung, saya siap untuk maju menjadi calon Bupati Kabupaten Solok mendatang, tetapi tentu harus membaca peta kekuatan terlebih dulu,” tutur Bachtul, dalam jumpa pers di rumah makan ternama di Kayu Aro, Kabupaten Solok, Rabu, 12 November 2014.
Saat ini sesuai informasi yang diterimanya dari Jakarta, kemungkinan Pilkada serentak, baik pemilihan bupati, walikota dan gubernur akan digelar tanggal 11 November 2015 mendatang. Panjangnya tahapan pilkada menurut Bachtul, merujuk pada Perppu Nomor 1/2014. KPU juga mempertimbangkan jika terjadi sengketa hingga ke Mahkamah Agung (MA) soal pencalonan sebelum KPU menetapkan calon peserta pilkada.
“Pada intinya kita siap bersaing secara sehat untuk pilkada tahun depan, meski katanya maju sendiri-sendiri. Namun yang utama yang ditanya tentu mental kita, sejauh mana kita menyiapkan diri untuk siap menjadi kandidat, termasuk siap untuk menang dan juga kalah,” jelas politisi partai Nasdem itu.
Sementara menurut informasi yang dihimpun Koran Padang, tahapan pilkada sebelum pemungutan suara harus didahului dengan rangkaian yang cukup panjang. Hal ini dimulai dari pendaftaran bakal calon, yakni sekitar enam bulan sebelum penetapan calon dan dilanjutkan keuji publik. Setelah itu pendaftaran dan verifikasi calon perseorangan, dan penetapan calon oleh KPU. Diperkirakan pendaftaran bakal calon dilakukan sekitar pertengahan Februari 2015. Kemudian uji publik sekitar Mei 2015 dan dilanjutkan dengan penyerahan dukungan perseorangan pada Juli 2015 serta verifikasi hingga Agustus 2015.
Lalu, pendaftaran calon pada 22 hingga 25 Agustus 2015. Penelitian berkas calon pada 26 Agustus hingga 2 September 2015. Pemberitahuan hasil verifikasi pada 3 sampai 4 September.
Kemudian penetapan calon pada 17 September 2015. Sementara pemungutan suara pada minggu kedua, atau tanggal 11 November dipilih atas pertimbangan partisipasi pemilih (wandy)

Post a Comment