Ads (728x90)

PADANG POS (Padang)-Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Padang, Kamis (27/11). Kunjungan kerja yang dipimpin Waki Bupati Hadi Sutjipto bermaksud melihat kerukunan umat beragama di Ranah Bingkuang.

Walikota Padang H. Mahyeldi mengapresiasi kunjungan rombongan Pemkab Sidoarjo beserta para pengurus FKUB Kabupaten Sidoarjo tersebut. Wako menjelaskan, terkait peran pemerintah terhadap kerukunan umat beragama, memang sejak lama ditanamkan di Kota Padang. Meskipun masyarakatnya kompleks, mayoritas pemeluk agama Islam yang kebanyakan adalah orang Minangkabau. Sedangkan, etnis lain yang juga bermukim di sini adalah Jawa, Tionghoa, Nias, Mentawai, Batak, Aceh, dan Tamil.

“Alhamdulillah baik pemerintah dan masyarakat tidak memandang perbedaan ras maupun agama. Baik di dunia pendidikan, pemerintah dan hubungan sosial. Lalu, sebagai toleransi beragama, kita pun tidak melarang ataupun membatasi masing-masing agama dalam beribadah. Sebagai buktinya, beragam tempat peribadatan bisa dijumpai. Selain didominasi oleh masjid, gereja dan klenteng juga terdapat di Kota Padang,” terang Mahyeldi

Dikatakan Wako, Kota Padang saat ini terus memantapkan pendidikan keagamaan dan terus melakukan pertemuan lintas agama. Masyarakatnya saling menghargai agama khususnya dalam mengimplementasikan filosofi Minangkabau. Sehingga, kecemasan terhadap ekses sosial seperti radikalisme dan terorisme tidak terjadi di sini.

“Untuk menjaga keharmonisan umat beragama di sini, pihak pemerintah bersama FKUB Kota Padang selalu berperan terhadap berbagai permasalahan keagamaan. Alhamdulillah, sejauh ini kita sudah mampu menjaga hubungan baik lintas agama dan tak terlepas dari peran penting FKUB yang kepengurusannya terdiri dari tokoh - tokoh lintas agama yang mewakili masing - masing umat agama,'' imbuhnya. (david)

Post a Comment