Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang),
Sebagai perwujudan dari responsivitas Pemerintah Kota (Pemko) Padang terhadap tuntutan perubahan lingkungan untuk penyediaan pelayanan publik yang lebih baik lagi, maka digelar Rapat Evaluasi dan Fasilitasi Penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP)di lingkungan pejabat Esselon IV dan Fungsional Umum di jajaran Pemko Padang.

Rapat yang bertempat di Aula Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Selasa (24/2) ini, dibuka Walikota Padang yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi, Corri Saidan. Sebagai nara sumber didatangkan Deputi Koordinasi Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jeffry Erlan Muller dan Kepala Bidang (Kabid) Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kesejahteraan Rakyat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aris Samson.
Dalam sambutannya, Corri Saidan menyampaikan, ia memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan tahap kedua atau lanjutan dari kegiatan yang sama dilaksanakan pada Juni 2014 lalu.

Sementara itu, rapat ini bertujuan, demi peningkatan SPP bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih baik di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Ini dikarenakan adanya bentuk perubahan, sehingga keluarlah peraturan perundang-undangan yang mengatur pelayanan publik, perubahan nilai pada masyarakat serta seiring kemajuan teknologi informasi.
“Untuk itu, pemerintah memang dituntut untuk dapat menanggapi dengan berdaya tanggap tinggi dan adaptif terhadap berbagai pembaharuan lingkungan. Ini, karena hakikat dari fungsi atau peran utama pemerintah itu adalah melayani. Karena tugas kita yang utama adalah pelayan masyarakat atau abdi masyarakat,” terang Corri Saidan.

Assisten Bidang Administrasi ini menambahkan, adapun peningkatan kualitas dari pelayanan publik saat ini, juga tidak hanya soal perubahan yang bersifat sarana saja. Seperti ruang tunggu pelayanan yang bagus, petugas layanan yang menarik, informasi layanan yang tersedia dengan jelas, namun aspek lain yang tidak kalah pentingnya yaitu perlu ditanamkannya budaya kerja. Dan itu, dibangun melalui perubahan pola pikir, perubahan cara pandang dan bentuk perilaku dari setiap aparatur.
“Jadi, melalui rapat ini, kita berharap seluruh aparatur wajib meningkatkan standar pelayanan publiknya. Semoga seluruh instansi publik, satuan kerja atau unit kerja yang ada di Pemko Padang mampu memanfaatkan ilmu dalam rapat ini. Sehingga, memiliki kemampuan dan memberikan pelayanan kualitas lebih baik lagi ke depannya. Karena, hasilnya sangat diharapkan masyarakat," imbuh Corri mengakhiri. (Humas-Padang)

Post a Comment