Ads (728x90)



Foto:KepalaUPTD P2Dapodik & IT Syuhadi, M.kom berdialog dengan Riny Handayani  operator SMPN Islam Terpadu Budi Mulia yang mengikuti pelatihan pengembangan website www.diknas-padang.org di aula SMPN 1 Padang, Senin (16/2) *Yurizal
PADANGPOS(Padang)-Dinas Pendidikan Kota Padang diwakili Kepala UPTD P2 Dapodik & IT Syuhadi, M.kom menyelengarakan pelatihan untuk opertator SD dan SMP se kota Padang, yang dilaksanakan, di Aula SMPN 1 Padang, Senin, 15 Februari 2015.

"Tujuan pelatihan untuk operator, agar mampu mengisi data-data yang selalu bergerak/dinamis," kata Syuhadi M Kom.

Menurut Syuhadi, tema pelatihannya adalah;"Dengan informasi managemen Pendidikan Kita Tingkatkan Akses Informasi Sekolah, Guna Mendukung Pengembangan Web/Internet."

Kemudian kata Suhadi, pelatihan diikuti 73 oarang dan dengan Maintenance Jaringan Sistem Informasi manajemen pendidikan  tahun pelajaran 2014-2015/2015-2016 jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan swasta.


Target yang ingin dicapai, agar para operator IT yang berada pada SD dan SMP  dan SMA,SMK harus mampu dengan baik mengisi segala data-data dari sekolahnya, mulai dari alamat sekolah, jumlah guru, murid dan aset yang dimilikinya pada website www.diknas-padang.org.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kota Padang tindak menggunakan  kertas lagi untuk mengundang, mengirim surat dan segala pemberitahuan pada sekolah. Cukup mengundang melalui website www.diknas-padang.org, semua mereka telah mengetahuinya. Hal ini telah berjalan baik selama dua tahun belakangan ini, kata Syuhadi.

Jadi,  para tenaga operator muda di SD dan SMP setiap hari membuka website, sehingga informasi  yang dibutuhkannya dapat lihatnya  dengan baik setiap hari. Dan jika ada persoalan mereka juga bisa mengirimkan surat melalui email yang telah disediakan. Maka kepala sekolah dan guru-guru tidak repot repot lagi datang ke kantor Dinas Pendidikan yang berada di pusat Kota Padang. Masing-masing  operator juga telah diberikan login untuk website www.diknas-padang.org, serta  disediakan conten database untuk merubah data-data sekolahnya.

Kenapa data-data sekolah itu dikatakan dinamis dan selalu bergerak, karena di sekolah itu bisa  saja ada murid yang pindah atau masuk, guru pensiun dan lain sebagainya. Maka sang operator hurus memperbaharuinya. Dan Dinas Pendidikan juga bisa mengetahui dari peruybahan tersebut. Tenaga operator yang dilatih ini, bukan tenaga baru tapi, telah berjalan dua tahun dan setahun, sehingga mereka cukup mengerti untuk updating data-data, tambah Syuihadi lagi.

Jadi, untuk Kota Padang mulai dari SD- hingga SMA dan SMK telah memiliki operator IT,  sehingga apa saja pengumuman yang akan disampaikan, hanya tinggal menuliskan dikolam pengumuman pada website www.diknas-padang.org  saat itu juga telah diketahuinya dengan baik. Dan tak perlu lagi mendatangi sekolah-sekolah yang tersebar di 11 Kecamatan di kota Padang. (TC)



Post a Comment