Ads (728x90)

PADANGPOS (Padang)-Ketua Dekranasda Kota Padang, Sumatera Barat, Ny Harneli Mahyeldi mengatakan pihaknya siap menampung hasil karya siswa sekolah menengah kejuruan yang memiliki nilai jual.

"Produk yang dihasilkan anak-anak SMK banyak yang memiliki nilai jual. Untuk itu, kami memberikan wadah kepada produk unggulan mereka, untuk dapat dipromosikan pada galeri Dekranasda Padang," katanya di Padang, Rabu.

Harneli menjelaskan dengan dimasukkannya produk unggulan tersebut ke galeri, maka publik dapat melihat produk unggulan yang dihasilkan oleh para siswa SMK, dan hal tersebut merupakan nilai promosi yang efisien.

"Setiap hari, Balaikota Padang banyak tamu yang berkunjung, baik dari pusat maupun dari daerah," ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, masalah yang selama ini menjadi momok bagi sekolah SMK, yakni tidak adanya tempat pemasaran atau pameran, sudah dapat terpecahkan.

Untuk memantapkannya, Dekranasda akan melakukan kerjasama dengan pihak sekolah, sehingga kegiatan ini tidak sekedar wacana di awal saja.

"Ini salah satu upaya untuk mengapresiasi keahlian yang dimiliki anak-anak SMK. Kita ketahui bersama, Indonesia sebentar lagi akan menghadapi MEA, dimana dalam era itu sangat memprioritaskan keahlian dan keterampilan," jelasnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Padang, Sri Wirdani menyambut baik kerjasama yang ditawarkan Dekranasda Padang.

"Ini akan menjadi pemecahan masalah pemasaran dan pameran. Kami sangat membutuhkannya, karena selama ini sekolah kesulitan mendapatkan tempat promosi," katanya.

Dijelaskannya, ada delapan jurusan di sekolah itu di antaranya teknik keramik, teknik logam, teknik kayu dan teknik tekstil, dimana kesemuanya menghasilkan produk-produk, namun karena keterbatasan pameran, banyak hasil karya yang hanya terpajang di galeri sekolah.

"Kami memiliki anak-anak didik yang berbakat dalam bidangnya masing-masing, terlihat dari hasil karya mereka yang inovatif, tentunya juga dibimbing tenaga guru yang profesional dan berpengalaman,"kata dia.

Hasil produk siswa SMK Negeri 8, lanjutnya, di antaranya berupa keramik tembikar untuk rumah tangga, hiasan dinding dari logam, lampu-lampu hias rumah, kain batik, bedcover dan handcraf.

"Dengan perhatian Dekranasda Padang, para siswa akan termotivasi untuk menghasilkan produk-produk terbaik mereka," ujarnya. (Humas Pemko Padang)

Post a Comment