Ads (728x90)

PADANGPOS (Padang), 
Penyelenggaraan kegiatan kepramukaan dijadikan sebagai ekstrakurikuler (Eskul) wajib dalam kurikulum 2013. Maka 221 siswa kelas VII dan VIII melakukan kegiatan Eskul  di Lubuak Tempuruang Kampung Tanjuang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Mereka menuju lokasi tersebut dilepas Camat Padang Timur Rahmadeni  Dewi  Putri, kadis Pendidikan diwakili Drs. Dasrul, Sabtu (28/2).

Jadi,  melalui kegiatan kepramukaan ini banyak manfaat yang bisa dipetik para siswa-siswi seperti kejujuran, keberanian, kedisiplinan, kemandirian, tanggungjawab, taat hukum, kerjasama, gotong-royong, dan lain-lain sebagainya. Karakter mulia tersebut  dibutuhkan negeri ini dan tidak hanya membutuhkan orang yang cerdas intelektual saja, tetapi juga membutuhkan orang yang berkarakter. 

Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Kurikulum 2013, siswa SMPN 31 Padang  mengadakan Hiking bersama dan penduli lingkungan (Adiwiyata), menyatukan hati, meningkatkan semangat, ungkap Kepala SMPN 31 Padang  Dra. Mardawati.

Di  lokasi Lubuak Tempuruang, Kampung Tanjuang, Kuranji mereka menunjukkan aktivitas, mulai dari peduli lingkungan, menanam bibit tanaman yang dibimbing oleh para pembinanya. Para siswa mencoba kedisplinan hidup, mandiri, jujur serta bertanggung jawab. Begitupun di lingkungan sekolah mereka juga harus peduli dengan program sekolah berwawasan dan peduli lingkungan. Dan peduli lingkungan, itu yang menjadi fokus program Adiwiyata.

Menurut Mardawati, Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat. Makanya Eskul siswa kepramukaan  selalu mengajak melalui tema” menyatukan hati, meningkatkan semangat. 

Sedangkan  tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik terhadap sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan warga sekolah lainnya). Sekaligus pendukung konsentrasi siswa-siswi mengikuti proses pembelajaran setiap harinya.(Tf/ir)


Post a Comment