Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang),
Sejak dibangun beberapa puluh tahun silam hingga sekarang, Gelanggang Olahraga H. Agus Salim (GOR HAS) praktis tidak ada perubahan mencolok. Jika pun ada, hanya di beberapa sudut. Sudah pantas rasanya arena olahraga kebanggaan masyarakat Sumatera Barat itu direnovasi. 
Gayung pun bersambut. Pemerintah Kota Padang berencana akan ‘mendandani’ GOR HAS agar dapat digunakan sebagai arena olahraga sekaligus menggerakkan sendi kehidupan masyarakat utamanya di bidang perekonomian. “Untuk GOR Haji Agus Salim, kita punya rencana besar di sana,” ujar Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah di sela-sela membuka Musorkot KONI Kota Padang 2015-2019, di Hotel Bumi Minang, Sabtu (21/3). 

Dibeberkannya, nanti akan terdapat kantor sekretariat seluruh pengurus cabang olahraga (Pengcabor)di lingkungan GOR terutama di seputar stadion HAS. Selain itu, para pedagang yang selama ini berjualan di seputar stadion dan pinggir jalan akan ditata. “Penataan ini untuk membantu perekonomian mereka, karena bagi saya olahraga adalah bagian untuk menyatukan seluruh sendi dan memecahkan solusi masyarakat terutama perekonomian,” kata Wako.

Untuk stadion, Pemko akan merancang dengan merombak dan memperbesar fisik stadion. Sarana olahraga cukup lengkap akan ada di dalam stadion ini, seperti sarana olahraga indoor termasuk pertokoan dan penginapan. “Ini yang akan kita tunggu dari provinsi bagaimana penyerahan GOR itu kepada kita secara utuh. Atau jika tidak diserahkan ke kita juga tidak apa-apa. Bagi saya yang penting Padang ini terbangun,” ungkapnya Wako Mahyeldi. 

Walikota Mahyeldi memang sangat berharap olahraga dapat menyatukan berbagai aspek. Karenanya, Walikota berkeinginan nantinya GOR HAS tak hanya berfungsi pada Sabtu dan Minggu saja, akan tetapi juga setiap hari dengan aktifitas hingga malam hari. “Untuk menunjang itu akan kita pasang lampu penerangan yang memadai,” katanya.
Untuk mewujudkan kesemua itu butuh kekompakkan dan sinergi dengan seluruh pihak, termasuk masyarakat dan induk olahraga. Wako mengimbau kepada pengurus KONI Padang ke depan agar mampu menggali potensi yang ada di tengah masyarakat dan perantau minang. 

Dikatakan Walikota, saat ini Padang merupakan daerah yang dianggap cukup kondusif oleh para investor yang ingin menanamkan modalnya di Padang. Termasuk juga bagi event organizer yang ingin menggelar kegiatan di Padang. Menurut Walikota, ditunjuknya Padang sebagai tuan rumah turnamen sepakbola Surya Citra Media (SCM) beberapa waktu lalu salahsatunya karena lingkungan Kota Padang begitu kondusif.(Cr/tf)

Post a Comment