Ads (728x90)

Ketua DPR Setya Novanto
PADANGPOS, (Jakarta),
Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, dirinya mendukung wacana Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo soal pendanaan partai polititik dari sebesar Rp 1 triliun yang bersumber dari anggara pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Ya memang semua parpol pasti mengalami kendala pendanaan, dan tentu kita cari jalan keluar terbaik agar semua partai bisa lakukan fungsi kepartaian dengan baik," kata Novanto di Gedung DPr, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Menurutnya, dengan anggaran negara bagi parpol bisa menjadi jalan keluar sumber pendanaan parpol yang berujung maraknya praktek korupsi. Dirinya juga mengingatkan untuk mempertimbangkan kondisi keuangan negara.

"Ada aturannya, sepanjang ngga meberatkan kepentingan rakyat, tentu harus ada program-program yang disiapkan dan mudah-mudahan ada jalan keluar yang terbaik," katanya.

Lebih lanjut soal jumlah Rp 1 triliun yang diutarakan Mendagri, Novanto menilai hal ini perlu dikaji lebih jauh. Dirinya mengaku mendukung, namun menurutnya, pemerintah dan DPR harus membahas hal tersebut.

"Ya tentu ada yang perlu dievaluasi, tapi disesuaikan juga dengan kebijakan dari fraksi-fraksi lain nanti," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Mendagri berinisiatif mengeluarkan gagasan bahwa pembiayaan partai politik peserta pemilu berasal dari negara atau dicantumkan dalam APBN.

"Dengan berbagai pengalaman politik uang dalam Pilkada Pileg dan Pilpres, terkait dana kampanye memang sulit dijauhkan dari indikasi monet politic," kata Tjahjo dalam Diskusi Bincang Senayan 2015 di Senayan City, Jakarta, Minggu (8/3/2015).

Post a Comment