Ads (728x90)

PADANGPOS  (Padang)
“Suara music rebana kelompok seni masjid Tagwa, Koto Tuo, Kapalo Koto, Kecamatan Pauh menggema dan mendayu-dayu dari agi hari. Lagu Walla Salamim Baid bernuansa islami dikumandangkannya dengan ceria untuk memeriahkan serta memberitahukan kepada warga bahwa Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Camat Pauh Wardas Tanjung meresmikan Kirab Kebersihan jemaah masjid Tagwa tersebut, Minggu pagi (15/3). “
“Kegiatan kirab kebersihan lingkungan masjid yang dimulai dari masjid Tagwa, Koto Tuo, Kapalo koto adalah  ide yang baik sekali. Ini berkaitan dengan program Padang bersih. Sebenarnya  seluruh  kepala SKPD di lingkungan Pemko Padang harus punya inisiatif dan ide terhadap program Padang bersih, bersih dari sampah, bersih maksiat serta telah dikeluarkan  pula Perda No 21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah, melanggar sanksi kurung tiga bulan dan denda Rp 5 juta,” tandas Walikota H. Mahyeldi Ansharullah, SP.

Masjid tempat beribadah umat islam, lingkungannya harus bersih, termasuk tempat berwudhu, ruang masjid, podium dan lain sebagainya. Jangan sampai ada masjid yang kurang bersih, sebab kebersihannya tanggung jawab bersama. Untuk itu, hiasi lingkungan masjid dengan berbagai tanaman bunga, kepada majelis taklim tunjukkan kreatifitas mulianya untuk membersihkan dan menata lingkungan masjid.

Begitu juga dengan para pengurus masjid dan mushalla yang lainnya di lingkungan kecamatan Pauh, sebab ini berbeda  dengan kecamatan  lainnya di Kota Padang. Gerakan mulia ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya secara bersama-sama. Sedangkan Camat Pauh Wardas Tanjung menyampaikan, lingkungan  yang tidak bersih pasti menimbulkan penyakit. Contoh nyata sudah ada, 12 warga menderita penyakit demam berdarah. Untuk itu mari secara bersama-sama digerakkan Kirab kebersihan yang dimulai dari lingkungan masjid Tagwa.


Untuk itu, diharapkan kepada para ibu-ibu, menanami bunga dan memperindah rumah ibadah, bukan hanya di lingkungan masjid Tagwa saja, seluruh masjid dan mushalla di lingkungan Pauh. Sementara  Syofyan Jamin ketua panitia Lounching Kirab Kebersihan Masjid Tagwa menyampaikan, goro dilakukan jemaah setiap minggu pagi. Himbauan untuk goro membersihkan lingkungan masjid cukup satu kali saja, setelah itu warga dating dengan keiklasan saja.   Sebab ini kepentingan bersama, menciptakan kenyamanan jemaah melakukan ibadah setiap harinya.(tf/ir)

Post a Comment