Ads (728x90)


Paling Kiri Ketua Komisi IV DPR Kota Padang
Zulhardi Zakaria Latif
PADANGPOS (PADANG)-Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Zulhardi  Z Latif mengatakan, Komisi IV DPRD sebagai mitra kerja bagian kesra akan selalu mengawal  kerja dan mencari upaya – upaya kedepan  untuk pelayanan tentang kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. 

"Seperti kita ketahui saat ini  di kota Padang ada sekitar 5 00,000  lebih rumah sasaran yang belum mendapat raskit , sehingga yang terjadi perguliran tiga bulan sekali untuk mendapatkan raskin ( beras miskin). Seharusnya kan warga miskin mendapatkan raskin sebulan sekali," kata Zulhardi ketika melakukan kunjungan kerja, ke bagian Kesra Pemko Padang, Selasa, 17 Maret 2015. 

Menurut Zulhardi, diharapkan Bagian Kesra Pemko Padang dan Dinas terkait segera mencari solusi yang terbaik, sehingga warga miskin yang belum menerima bantuan raskin dan bantuan lainnya dapat terwujud.   

Sementara Kabag Kesra Pemko Padang, Al Amin dihadapan anggota dewan menjelaskan, dari 10 program unggulan  pasangan Walikota  Padang Mahyeldi dan Wakil Walikota Padang Emzalmi  di tahun 2015  secara bertahap telah dilaksanakan.  

"Dari 10 program unggulan tersebut, tiga diantaranya  menjadi acuan dan prioritas  di Bagian Kejahteraan Rakyat ( Kesbang Kesra) Setda Kota Padang," katanya.
Adapun Tiga agenda yang akan diprioritaskan bagian kesra terebut antara lain seperti,menyelengarakan pendidikan pesantren ramadhan. Kegiatan keagamaan, seni budaya dan olahraga yang berkualitas. 

Selain itu  meningkatkan dana opersional Kecamatan. Kelurahan. RT, RW serta guru agama di TPQ dan TQA/ MDA menjadi 200 persen. Dan terakhir  memberikan  santunan kematian Rp 1 juta bagi warga kota Padang yang miskin.

Dalam rombongan Kunker Anggota Komisi IV tersebut selain Ketua Komisi IV Zulhardi  Z. Latif, juga hadir Wakil Ketua Komisi IV DPRD kota Padang  Zaharman. Sekretaris Komisi IV  DPRD Kota Padang Maidestal Hari Mahesa. Elly  Thrisyanti, Gustin Pramona, Iswandi, Arpendi DT Tan Bagindo dan Fakhri Bahar sebagai anggota Komisi IV DPRD kota Padang, selain itu hadir juga Kabag Kesra Al Amin dan beberapa Staf.   

Dalam pertemuan tersebut Bagian Kesra dicecar beberapa pertanyaan dari anggota Komisi IV.Wakil Ketua Komisi IV DPRD kota Padang Zaharman menanyakan ketransparanan Bagian kesra soal penyaluran beras Raskin. Dia menemukan adanya beras yang diterima masyarakat miskin yang berkualitas buruk.

Sedangkan Elly Thrisyanti mempersoalkan adanyaa mesjid yang telah mendapat bantuan dari tim Ramadhan DPRD Sumbar ternyata   pada kunjungan tim safari ramadhan DPRD Kota Padang masjid tersebut mendapat bantuan lagi,  artinya double kan masjid tersebut menerima dana bantuan. "Kita  berharap untuk tahun ini hal tersebut tidak terulang dan bagian Kesra harus jeli menyaring masjid yang akan mendapat bantuan dari tim safari ramadhan DPRD, ‘’ harapnya .

Menyangkut dana santunan kematian bagi warga miskin tak luput dari pertanyaan anggota komisi IV. Maidestal Hari Mahesa juga memintak kejelasan dari Kabag Kesra Al Almin untuk menjelaskan prihal dana yang akan digelontorkan bagi warga  miskin yang meninggal.

Kabag Kesra Setda Pemko Padang Al Amin menjelaskan, memang diakui kualitas beras  raskin yang disalurkan kepada warga miskin merupakan beras kelas menenggah, namun jika warga menemukan beras yang tak layak dikosumsi pihak Bolog siap mengantikannya dengan beras yang berkualitas baik.

Selain itu Al amin juga menjelaskan dalam memberikan bantuan untuk masjid di kunjungan safari ramadhan  anggota DPRD, pihak nya telah selektif sekali, adapun masjid yang dua kali menerima bantuan karena mesjid tersebut mendapat memo dari salah satu atasannya.’’Sehingga kami tidak bisa berbuat banyak,’’ ungkapnya.   

Menyangkut anggaran untuk memberi bantuan santunan kematian pada tahun 2014, kita telah memberikan dana kematian kepada  850 orang .Nah untuk tahun 2015 kita telah menganggarkan dana santunan kematian sebesar Rp 2,3 miliar dan dana tersebut sesuai dengan Perwako  nomor 29 tahun 2014.

Bantuan santunan kematian tersebut hanya untuk proposal di  tahun 2014 sedangkan untuk 2015 belum dianggarkan. Dia juga menjelaskan sebenarnya banyak anggaran yang diperlukan oleh Bagian Kesra ini. ‘’Saya berharap Komisi IV DPRD Kota Padang kiranya dapat mengaggarkannya di APBD perubahan nanti, ‘’pintanya. ( yos )

Post a Comment