Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang),
Dalam memajukan olahraga tidak hanya mampu dilakukan oleh organisasi olahraga semata, akan tetapi butuh dorongan dari semua pihak. Karena itu perlu sinergitas antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan pemerintah. “KONI dan pemerintah harus bersinergi dalam memajukan olahraga,” ujar Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat membuka Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Padang 2015-2019, di Hotel Bumi Minang, Sabtu (21/3).

Dikatakan Wako, lewat sinergi antara KONI dengan pemerintah diharapkan akan mengangkat prestasi olahraga daerah. Sebab, dengan terciptanya hubungan baik itu pemerintah akan dengan sendirinya memfasilitasi, mendukung serta mengawal KONI agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seperti diketahui, dalam Musorkot KONI Padang 2015-2019, empat calon bertarung meraih kursi Ketua Umum KONI untuk lima tahun ke depan. Walikota mengimbau kepada Ketua Umum KONI terpilih nanti agar ke depannya mampu mensinergikan potensi yang ada untuk memaksimalkan olahraga. “Semua kandidat punya kelebihan. Saya minta dalam musyawarah ini menaati peraturan yang ada,” tambahnya.

Wako meminta, sebaiknya masing-masing calon kandidat Ketum KONI yang bertarung dalam Musorkot agar seiya-sekata. Artinya, keempat kandidat membuat kesepakatan bersama dan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi Ketua Umum dan mengisi jabatan lain dalam struktur kepengurusan KONI Padang.

“Calon-calon yang ada kalau bisa buatlah kesepakatan bersama, bermusyawarah saja, siapa yang jadi ketua dan siapa yang isi jabatan lain,” kata Walikota.

Pendapat ini diutarakan Wako karena tak ingin terjadinya gap atau perpecahan antara pihak yang menang dengan yang kalah. “Potensi-potensi (kandidat ketua umum KONI-red) ini harus kita satukan, jangan sampai dengan adanya pemilihan ini nanti kita terkotak-kotak, terpecah belah, rugi kita. Sementara untuk memajukan olahraga, pengurus harus mampu menggali potensi yang ada,” hematnya.

Walikota menyebut, pengurus KONI yang baru diharapkan dapat mengurus seluruh pengcabor. Dengan memberi dukungan dan dorongan motivasi akan membuat pengcabor lebih berperan. “Jangan lupa juga memperhatikan mantan-mantan atlet kita,” imbuhnya.
Siap Tuan Rumahi Porprov 2016.

Usai membuka Musorkot, Walikota Mahyeldi juga memaparkan rencana persiapan Kota Padang sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2016 mendatang. Menurut Wako, tidak hanya menggelar Porprov di tahun depan, Kota Padang juga akan melangsungkan Piala Walikota Padang 2016 serta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia pencak silat. “Pengurus KONI ke depan punya tantangan. Nanti akan ada iven besar seperti Porprov, kejuaraan silat, Piala Walikota dan lainnya,” papar Wako.(tf/crl/dv)

Teks foto: Walikota Mahyeldi Ansharullah memukul gong tanda dimulainya Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Padang, Sabtu (21/3) di Hotel Bumi Minang Padang.(Yurizal
)

Post a Comment