Ads (728x90)

                                                                                                        PADANGPOS  (Padang),
Menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke 36 di Kota Sawahlunto pada September 2015 mendatang, Kota Padang mulai mempersiapkan diri baik secara finansial maupun kesiapan para qari/qariahnya. Selaku juara bertahan, Kota Padang, memang berniat untuk mempertahankan eksistensinya di ajang bidang keagamaan ini. 

Sebagaimana, kali ini telah dimulainya tahap penseleksian dan TC pertama bagi para qari/qariah terbaik kota bingkuang ini selama tiga hari bertempat di gedung Pramuka, Mulai Rabu (25/2) hingga Jumat (27/2).

Berdasarkan pantauan, kafilah Kota Padang memang terlihat siap untuk mempertahankan juara umumnya. Dilihat dari keseriusan qori dan qoriah, mulai dari tingkat Taman Kanak–kanak hingga dewasa berlatih melafazkan ayat suci Alqur’an, mengumandangkan kalam ilahi serta berbagai cabang perlombaan yang diikuti dengan penuh disiplin. Satu Diantara Pembina dan pelatihnya, Dr H Rafles, M.Si Qari Internasional.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Padang, Al Amin, S.Sos menyampaikan, menghadapi MTQ Sumbar ke 36 ini, Kota Padang sengaja lebih awal mempersiapkan para kafilah terbaiknya. Dalam hal ini, Bagian Kesra bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) selaku panitia TC kafilah Kota Padang memang dituntut untuk menyeleksi serta melakukan TC bagi kafilah hingga mendekati pelaksanaan MTQ ke 36 ini.

“Untuk itu, para qari/qariah berjumlah 152 orang telah melakukan tahap seleksi pada Training Centre (TC) pertama selama tiga hari yang bertempat di Gedung Pramuka. Diantara kafilah bersumber dari para juara di MTQ tingkat kota, kecamatan dan kelurahanm. Selesai TC pertama ini, dari 152 kafilah kita saring menjadi 60 orang yang akan melanjutkan ke TC kedua nantinya,” terang Al Amin yang juga diamini Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kemenag Padang, M Sarkoni sewaktu di sela kegiatan TC, Jumat (27/2).

Disamping itu, lanjut Al Amin, dengan target mempertahankan juara umum pada MTQ ke 36 ini, diakui menjadi tugas berat saat ini. Namun, dengan adanya perhatian yang diberikan bapak Walikota Padang dengan menjanjikan bonus sebesar Rp 25 Juta bagi kafilah, diharapkan menambah motivasi para kafilah. 

Sementara, bagi pemenang kedua dan ketiga juga diberikan bonus yang cukup besar melebihi bonus dari MTQ sebelumnya.

“Seperti disampaikan bapak Walikota Padang, bonus bagi kafilah yang berhasil meraih pemenang pertama dari berbagai cabang perlombaan, akan diberikan bonus tabanas sebesar Rp 25 Juta. Jadi, semoga ini semakin memacu bagi seluruh panitia, official, pelatih dan terutama kafilah Kota Padang untuk menampilkan yang terbaik nanti,” Ujar Al Amin. (tf/vid)


Post a Comment