Ads (728x90)

PADANGPOS (Kota Pariaman)--Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kota Pariaman akan tingkatkan percepatan pembangunan daerah untuk mewujudkan Pariaman sebagai kota Tujuan wisata dan ekonomi kreatif  berbasis lungkungan, budaya dan agama, yang diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Senin (16/03/2015).

Dalam Musrenbang RKPD Kota Pariaman di hadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua Bappeda Provinsi Sumbar Afri Lauddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar berserta anggota DPRD, Sekda Kota Pariaman Armen, Asisten dan Staf Ahli, Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadhli, Kepala SKPD, Camat, dan Kabag di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Pimpinan BUMN/BUMD, LSM dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Walikota  Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan Musrenbang RKPD merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pariaman tahun 2016. 

RKPD tahun 2016 merupakan tahun ke 3dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota Pariaman tahun 2013-2018, ucapnya.Musrenbang RKPD tahun 2015 yang kita laksanakan hari ini memiliki makna yang strategis bagi keberlanjutan dan kesinambungan proses pembangunan di Kota Pariaman sebagai bagian dari suatu sistem perencanaan pembangunan. Keluaran (output) dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2015 yang dijadikan dasar bagi penyusunan RKPD Kota Pariaman tahun 2016 akan menentukan terhadap pembangunan Kota Pariaman, tambahnya.

Arah kebijakan pembangunan tahun 2016 tersebut hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkan program dan kegiatan yang lebih terukur, terperinci, dengan tidak hanya sampai output tapi sampai kepada manfaat dan dampak dari hasil pembangunan. Dan memperhatikan kemampuan fiskal daerah untuk kemudian ditetapkan secara formal dalam dokumen rkpd kota pariaman tahun 2016, ujarnya.

“Mari Kita Jadikan Musrenbang RKPD Kota Pariaman Tahun 2015 Ini Sebagai Wadah Untuk Mewujudkan Program-Program Pembangunan Yang Lebih Berpihak Pada Masyarakat Miskin, Peningkatan Kualitas Hidup Dan Kehidupan Masyarakat Melalui Penguatan Struktur Ekonomi”, Tutupnya. Dalam laporan Panitia Das’ari mengatakan musrenbang RKPD Kota Pariaman di selenggarakan di aula Balaikota Pariaman yang di selenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 16 - 17 maret 2015. 

Jumlah peserta Musrenbang lebih kurang  200 orang dengan narasumber Bappeda Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Kota Pariaman dan Bappeda Kota Pariaman . Kegiatan musrenbang RKPD ini untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kota dengan kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi, mengklarifikasi usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan usulan lain yang masuk sebelum musrenbang Kota Pariaman dilaksanakan, Ucapnya. Selanjutnya untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana, dengan mempedomani prioritas pembangunan daerah, mempertajam indokator kineja program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana, tutupnya. (amir)

Post a Comment