Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang)
Kecamatan Padang Utara merupakan salah satu kecampatan di Kota Padang yang hampir seluruh wilayahnya berada di zona merah menurut peta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yaitu area yang beresiko terancam jika terjadi tsunami. Sehingga masyarakat disini sangat berharap pemerintah dapat menyediakan shelter sebagai tempat evakuasi.

Menurut Camat Padang Utara, Teddy Antonius, keberadaan shelter tersebut sangat diharapkan masyarakat Padang Utara, khususnya masyarakat Kelurahan Ulak Karang Utara dan Ulak Karang Selatan. "Jika sudah ada shelter, maka akan memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah ini," ujar Teddy saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/3).

Ia menambahkan, hal itu sudah direspon oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan rencana pembangunan Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang berlokasi di Wisma Indah Ulak Karang. "Dari kementerian sudah dilakukan sosialisasi terkait pembangunan TES yang sudah selesai Detail Engineering Design (DED) oleh pihak konsultan perencana pada beberapa waktu lalu," kata Teddy.

Dikatakan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat tersebut juga dihadiri oleh pemuka dan tokoh masyarakat setempat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, serta Muspika.

"Pihak konsultan mengatakan bahwa disini adalah salah satu lokasi yang paling siap di Kota Padang untuk dibangun karena sudah melengkapi persyaratan-persyaratan yang ditentukan. Antara lain status kepemilikan tanah, adanya Surat Penetapan lokasi sebagai lokasi pembangunan shelter, surat pernyataan warga, luas tanah yang mencukupi dan berada pada pemukiman padat," jelasnya.


Adapun ukuran shelter ini, terang Camat, ketinggian 14 meter dengan 4 tingkat dan dilengkapi dengan perlengkapan pantry, genset, fasilitas penerangan dan air bersih yang dapat menampung lebih dari 2.000-an orang.(tf/dr)

Post a Comment