Ads (728x90)

PADANGPOS,  (JAKARTA) - Zulkifli Hasan akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Pengamat Politik Heri Budianto menilai terpilihnya Zulkifli tak akan mengubah peta dan sikap PAN dalam politik nasional.

"Artinya PAN akan bersama-sama KMP (Koalisi Merah Putih). Karena Amien Rais merupakan gerbong utama KMP‎," ungkap Heri melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (2/3/2015).

Mengenai terpilihnya Zulkifli, Heri melihat adanya gerakan perubahan di PAN. Zulkifli terpilih melalui voting mengungguli incumbent atau calon petahana Hatta Rajasa. "Saya melihat kemenangan ini karena internal PAN ingin perubahan," ujarnya.

Jargon yang dibawa Zulkifli untuk perubahan PAN mampu menarik simpati para pemilik suara. Kemenangan ini juga menunjukkan kedigdayaan dan pengaruh tokoh utama PAN Amien Rais.

"(Kemenangan, red) Ini juga sekaligus menunjukkan bahwa AR (Amien Rais) masih berpengaruh kuat di PAN," tuturnya, sambil menambahkan, terbukti Amien cukup berpengarung menggalang pemilik suara untuk Zulkifli.

"Saya melihat AR memainkan total supporting kepada ZH, bahkan dalam pidatonya juga sempat menyerang HR," ujarnya.

Pemilihan Ketum PAN ini sekaligus mengubah mekanisme aklamasi dengan pemungutan suara. Ini menunjukkan PAN semakin dewasa membangun demokrasi internal.

"Sekaligus juga dengan terpilihnya ZH mempertahankan tradisi ketum PAN tetap dipegang satu periode," kata Heri.(**)

Post a Comment