Ads (728x90)


PADANGPOS.COM,  (Padang),
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi dengan terus digelarnya pameran dan kontes batu akik di Kota Padang.

Wako menyebutkan, diketahuinya sampai saat ini, telah tiga kali di gelar kontes dan pameran batu akik di Kota Padang. Kali ini, juga berlanjut dengan digelarnya Pameran dan Kontes Nasional Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara yang bertempat di Hotel Ibis dimulai dari Kamis (9/4) hingga Minggu (12/4) mendatang.

“Kontes Nasional Gebyar Pesona Batu Akiak Mulia Nusantara ini akan memperebutkan Piala Walikota Padang. Sebagai penggagas acara ini, dari Komunitas Batu Akiak Mulia Sumatera Barat yang bekerja sama dengan Ibis Hotel,” sebut Walikota yang merupakan Pengawas dan Pembina Komunitas Batu Akik Sumatera Barat ini.

Wako melanjutkan, dengan boomingnya batu akik, menurutnya bisa membantu masyarakat khususnya yang ada di Kota Padang, baik dalam menambah penghasilan ataupun sebagai lapangan kerja yang baru dan ideal. Pasalnya, boleh dilihat, hampir seluruh orang tidak hanya kaum laki-laki, kaum perempuan pun juga menggilai batu akik ini.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang, melalui Disperindagtamben akan terus mendorong perkembangan usaha jenis batu akik ini. Diantaranya seperti sedang mempersiapkan kawasan Atom Center untuk menjadi pusat jual beli batu akik. Lebih kurang dana yang dibutuhkan untuk pembangunannya sebesar Rp 4 Milyar. Mudah-mudahan insya allah pada 2015 nanti dapat terlaksana,” jelasnya.

Kemudian, tambah Wako, untuk lebih memiliki kreatifitas, menurutnya batu akik tidak dibuat hanya dalam bentuk batu cincin atau kalung saja, tetapi juga bisa menjadi asesoris ataupun berbagai bentuk peralatan rumah tangga.

“Jadi, mari kita tampilkan kreatifitas yang baru dari bahan yang berdasar batu akik. Ini akan menjadi geliat ekonomi bagi masyarakat. Apalagi, Kota Padang cukup banyak dikunjungi berbagai kabupaten/kota bahkan mancanegara. Maka untuk itu, kita akan menjadikan batu akik ini sebagai cindera mata Kota Padang bagi daerah lain yang berkunjung ke sini,” tutup Wako. (tf/dv)

Post a Comment