Ads (728x90)

PADANG POS (Padang)- Anggota DPRD Kota Padang telah mensahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda, melalui rapat paripurna, di Gedung DPRD Kota Padang, Senin, 13 April 2015.  .
 
Kedua perda yang disyahkan tersebut, perda tentang bangunan gedung dan perda perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup .

Ketua Pansus I DPRD Kota Padang Helmi Moesim dalam laporannya mengatakan, ranperda bangunan gedung sangat penting artinya untuk mengakomodir fasilitas parkir, penyandang disabilitas, dan fasilitas Amdal Lalin.

Menurut Helmi, Perda Bagungan Gedung menitik beratkan pada regulasi, setiap bangunan gedung harus memiliki sertifikat laik fungsi yang gunanya untuk menambah kepercayaan investor dalam menanamkan investasinya di daerah.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang Asrizal tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah, segenap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, dan unsur Muspida.

Sebelum Ranperda Bangunan dan Gedung  dengan nomor 11 tahun 2015 serta ranperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan nomor 12 tahun 2015 dan disahkan. Enam fraksi yang ada  di DPRD kota Padang menyetujui Ranperda ini untuk menjadi Perda.

Walikota Padang Mahyeldi usai rapat Paripurna mengtakan dengan disahkannya Ranperda Bangunan Gedung dan Lingkungan menjadi Perda, merupakan  langkah maju yang dilakukan di daerah ini.

Perda Bangunan Gedung itu nantinya akan menumbuhkan kepercayaan investor yang akan menanamkan investasi di Kota Padang. Apatah lagi, Kota Padang rawan bencana gempa, sehingga standar bangunan gedung di daerah ini harus disesuaikan dengan daerah bencana.

Menyangkut satu  Ranperda  lagi yang batal di sahkan yaitu Ranperda Irigasi, Mahyeldi  mengatakan,  karena setiap aturan yang lebih rendah harus mengacu kepada aturan yang lebih tinggi. "Aturan yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, dan kita   akan kembal ke undang-undang yang lama, tahun 1974, ‘’ungkapnya. ( yos)  

Post a Comment