Ads (728x90)


PADANGPOS.COM.  (Padang),  
Semangat Kartini dalam meningkatkan peran wanita di Indonesia senantiasa masih terus hidup. Terbukti dengan eksistensi kaum perempuan dalam berbagai lini, serta peran - peran penting dan sangat sentral baik di pemerintahan maupun non pemerintahan dewasa ini.

Hal ini diungkapkan Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang, Hj. Corri Saidan, saat diminta tanggapan terkait peringatan hari lahir Raden Ajeng Kartini, 21 April 2015 di Balaikota Padang, Senin (20/4)

Menurut Corri, semangat emansipasi yang dibawa Kartini memang masih relevan dalam mendorong peran kaum wanita yang semakin luas lagi. Sebab, kaum hawa juga merupakan potensi sumber daya manusia yang tak kalah pentingnya dalam pembangunan.

“Khususnya di Kota Padang, kiprah perempuan sudah semakin diperhitungkan. Di pemerintahan, banyak wanita yang memimpin unit kerja begitu juga di lapangan sosial dan swasta,” kata wanita yang pernah memimpin beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemko Padang sepanjang karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil ini.

Tanggapan senada juga diungkapkan Rahcmadeny Dewi Putri, Camat Padang Timur yang dikenal tegas dan sukses menjalankan program di kecamatannya. Ia mengatakan, meningkatnya peran wanita dalam berbagai lini memang sebuah hikmah dari semangat emansipasi. Kenyataan ini pun sudah diterima masyarakat secara umum.

“Kendati demikian, emansipasi bagi saya bukan berarti unggulnya perempuan dari laki - laki apalagi mengalahkan peran pria, melainkan semua harus seimbang antara karir dan keluarga,” kata Camat yang disapa Deni ini.(tf/du)

Post a Comment