Ads (728x90)


PADANGPOS.  (Padang)
Pembangunan pada hakekatnya adalah upaya sistematis dan terencana oleh masing-masing maupun komponen seluruh bangsa untuk mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif, dan akuntabel dengan tujuan akhir kualitas hidup manusia berkelanjutan .

Oleh karena itu, dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945 pasal 28 H, bahwa kualitas hidup yang baik adalah hak segenap warga. Demikian juga pasal 33 ayat 3 bahwa kekayaan alam termasuk sumberdaya hutan dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyatnya.

Demikian disampaikan Walikota Padang diwakili Sekda Kota Padang H. Nasir Ahmad pada peringatan Hari Hutan International (Hari Rimbawan Tahun 2015) di pantai Aie Manih, yang dihadiri Danlantamal II, Danlanud, Dandim 0312 Padang, Kapolresta, Para Kepala SKPD, Perguruan Tinggi, Ormas dan pemuka masyarakat, Kamis (2/4).

Untuk itu, sebut Sekda Nasir Ahmad semua meningkatkan keterlibatan masyarakat terkait pemulihan kesehatan Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui pengembangan hutan Rakyat, hutan kemasyarakatan, hutan desa, dan hutan adat. Sehubungan dengan itu, para petinggi kota Padang, termasuk para kepala SKPD dan pemuka masyakat menanam bibit pohon cemara di sekitar Batu Malin Kundang sebanyak 250 batang. Tujuannya tak lain adalah memperindah lingkungan pantai Aie Manih, serta memberikan suasana yang sehat dalam kehidupan ini.

Secara international peringatan hari hutan tahun ini mengusung tema “Hutan kita, masa depan kita.” Yang relevan dengan bangsa dan seluruh rimbawan dalam menjaga, mekindungi, mengkonservasi, mereboisasi, menghijaukan dan mengusahakan hutan dengan lestari. Jadi peringatan hari Bhakti Rimbawan 2015, tingkat kota Padang dilaksanakan di pantai Aie manih.

Objek wisata Pantai Aie Manih ini adalah objek wisata yang telah terkanal di dunia dengan legenda batu Malin Kundang-nya. Penanaman pohon dan penghijauan ini dilakukan memiliki 5 manfaat bagi lingkungan manusia, yakni mencegah banjir, menjaga kualitas air tanah, melindungi Satwa, mengurangi polusi udara, dan mengurangi dampak hujan asam.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian, Pertenakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Padang Ir. H. Heryanto Rustam,MM menyampaikan, peserta penanaman bibit pohon Cemara dalam rangka peringatan Hari Hutan International tahun 2015, TNI, POLRI, Ormas, OKP, pemuka masyarakat sebanyak 250 batang. Lokasi penanaman disekitar perbukitan Batu Malin Kundang, dan 750 batang lagi ditanam di hutan disekitar perbukitan pantai AIe Manih.

Penanaman pohon dipantai Aie Manih dimaksudkan sebagai pembangunan lokasi objek wisata. Maka banyak pohon otomatis akan memberikan kerindangan, keteduhan serta keasrian di lokasi pantai yang telah terkenal itu, kata Heryanto Rustam lagi, " (ir/tf)

Post a Comment