Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang),  
Sebanyak 24 kota se-Sumatera berkumpul di Kota Padang dalam rangka Musyawarah Komisariat Wilayah I (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Hotel Mercure, 23-25 April. Seluruh walikota tersebut bermusyawarah guna menentukan langkah dan rencana ke depan sekaligus memilih ketua Apeksi wilayah I.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah menyebut, selain dalam rangka menjalin tali silaturahim antar kota, kegiatan Muskomwil I Apeksi juga memberi kontribusi demi kokohnya persatuan Republik Indonesia.

“Rangkaian kegiatan Apeksi ini dalam rangka memberi kontribusi kokohnya persatuan demi melayani kepentingan rakyat menuju masyarakat makmur dan sejahtera,” kata Wako saat makan malam bersama walikota se-Sumatera di hotel Mercure, Kamis (23/4).

Selain itu Wako Mahyeldi juga mengatakan dengan Muskomwil ini akan terjadi saling share antar kota, khususnya Kota Padang. Sehingga nantinya, dengan saling bertukar pikiran itu akan memajukan Kota Padang ke depan.

“Apalagi dalam tahun ini dan ke depan, Kota Padang akan menjadi tuanrumah sejumlah iven besar, tentu kita butuh masukan dan pemikiran dari kota lain,” sebutnya.

Seperti diketahui, Kota Padang dalam tahun ini akan menggelar kegiatan dengan skala internasional. Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Riim Association (KTT IORA) akan diadakan Oktober nanti.

Dalam KTT IORA itu agenda penting seperti pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) negara-negara IORA sekaligus serah terima kepemimpinan IORA. Dimana saat ini Ketua IORA diketuai Australia untuk kemudian diserahkan ke Indonesia. “Kita akan berusaha optimalkan agenda itu dan moment IORA akan jadi starting poin,” sebut Wako Mahyeldi.

Malam itu, di depan seluruh walikota, Wako Padang, Mahyeldi Ansharullah menceritakan sejarah Kota Padang sejak berdiri hingga sekarang. Wako juga menyampaikan program kerja kepemimpinan Wako dan Wawako dalam lima tahun ke depan. Termasuk, hasil yang telah dicapai selama lebih kurang setahun menjabat Wako dan Wawako Padang.

Makan malam bersama seluruh walikota se-Sumatera itu berlangsung hangat dan penuh keakraban. Berbagai suguhan seni dan atraksi dipertunjukkan. Wako Sibolga dan Wako Bukittinggi didaulat bernyanyi malam itu. Termasuk Kepala Bapedalda, Edi Hasymi yang menyanyikan lagu minang. Di penghujung acara, Wako Mahyeldi dan Wawako Emzalmi menyerahkan souvenir kepada perwakilan walikota. Acara ditutup dengan berfoto bersama.(tf/ch)

Post a Comment