Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.  (Padang),  
Guna meningkatkan kapasitas Ketua RT (Rukun Tetangga) sebagai ujung tombak pemerintah, Kecamatan Padang Barat memberikan pembinaan tentang administrasi pemerintahan dan kependudukan. Pembinaan yang diikuti 230 orang Ketua RT sekecamatan itu, dibarengi dengan sosialisasi terkait program Pemerintah Kota Padang yang tengah dilaksanakan.

Menurut Camat Padang Barat Arfian, sejalan dengan peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi Ketua RT, diharapkan akan mendorong terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat. Baik dalam pengurusan administrasi pemerintahan dan kependudukan, maupun untuk urusan lainnya.

"Kita berharap juga, Ketua RT lebih aktif mendorong partisipasi masyarakat dalam semua program yang tengah dijalankan, sehingga terjadi percepatan dalam pembangunan," ungkap Arfian.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Padang Desmon Danus, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Yuska Libra Fortuna, Kepala Bidang Dinamika Kependudukan pada Dinas Kependudkan dan Catatan Sipil, Danti Arvan, serta pemateri khusus sosialisasi pengelolaan sampah Andi Amir.

Dalam paparannya Yuska Libra Fortuna menyampaikan fungsi pengurus RT, yaitu melakukan pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga.

"Disamping RT juga berfungsi sebagai pembuat gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat, sekaligus menjadi penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di lingkungannya," kata Yuska.

Sementara, Andi Amir menyampaikan, program penting Pemeritah Kota Padang saat ini adalah meningkatkan kebersihan dengan menggalakkan pengelolaan sampah berikut menerapkan perda No 21 tahun 2012 dengan ancaman sanksi Rp. 5 juta dan tiga bulan kurungan. Untuk itu, warga perlu menyikapinya dengan pembentukan Lembaga Pengelola Sampah (LPS) di setiap RT atau RW serta membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan.

"Program ini dapat berjalan sukses, tentunya tak terlepas dari peran Ketua RT dengan menyampaikan dan mengajak warganya untuk berpartisipasi agar terwujud lingkungan yang bersih, indah dan tertib," pungkasnya. (tf/bu),  

Post a Comment