Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.  (Padang),   
Sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Kartini di tahun 2015, Pemerintah Kota (Pemko)  Padang melalui BPMP-KB Kota Padang, menggelar  Lomba Peragaan Busana Muslim tingkat Kota Padang di Aula SMKN 2 Padang, Rabu (22/4).

Lomba tersebut dibuka oleh Ketua PKK Kota Padang, Ny Harneli Bahar. Turut hadir, Ketua GOW Kota Padang, Ny Eti Emzalmi, Ketua DWP Kota Padang, Ny Dewi Nasir Ahmad dan sebagai Ketua Dewan Juri, Ny Corri Saidan.

Dalam sambutan, Harneli Bahar menyampaikan, ia sangat menyambut baik dengan diadakannya lomba peragaan busana muslim terkait dalam rangka memperingati Hari Kartini di Kota Padang.  Menurut Harneli, berbagai kegiatan terkait peringatan Hari Kartini ini, semoga  memberikan pengaruh positif khususnya bagi kaum ibu-ibu atau remaja putri yang ada ranah minang. Tidak hanya itu, dengan antusiasme peserta, juga akan memberikan motivasi lain kepada ibu-ibu, untuk lebih berkreasi dalam menenun baju muslim sehingga UMKM juga ikut berkembang.

 “Kita tentu sama-sama mengetahui, ibu Kartini adalah pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan hak-hak kaum wanita di masa kehidupannya. Untuk itu, mari kita senantiasa meniru perilaku dan semangatnya, demi mewujudkan harapan luhurnya dan para pejuang-pejuang wanita Indonesia yang terdahulu,” sebut Harneli.

Sementara itu, lanjut harneli, terkait lomba peragaan busana muslim kali ini sangat cocok dikaitkan dengan peringatan hari Kartini. Sebagai hari kebangkitan kaum perempuan, lomba ini sangat cocok yang dihubungkan dengan kebangkitan perempuan minang  untuk menampilkan pakaian dan busana muslim. 

"Perempuan yang berjilbab akan membawa ke sikapnya yang baik, santun dan sesuai dari norma agama dan budaya. Semoga busana muslim yang diperagakan kali ini, akan menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan muslim khususnya yang ada di Kota Padang. Sebagaimana dalam agama menegaskan, perempuan yang sudah  dewasa itu diwajibkan untuk berhijab,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPMP-KB Kota Padang, Muji Susilawati menuturkan, lomba peragaan busana muslim tingkat Kota Padang ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan BPMPKB kota Padang dalam memperingati Hari Kartini di Kota Padang. Dalam lomba ini, diikuti peserta perempuan yang ada di jajaran Pemerintah Kota Padang mewakili SKPD nya masing-masing.

“Jadi lomba ini, juga sehubungan dalam mewujudkan visi dan misi kota Padang yang religius dan berbudaya. Melalui momen inilah, kita melaksanakan berbagai kegiatan  dalam membangkitkan semangat bagi kaum perempuan di Kota Padang. Seperti halnya, lomba peragaan busana, kita berharap memberikan dorongan bagi perempuan muslim di minangkabau dalam berpakaian muslimah,” ujarnya.

Setelah itu, Ketua Dewan Juri Lomba Peragaan Busana Muslimah, Corri Saidan juga menyampaikan, kriteria penilaian pada lomba ini yaitu, Keserasian pakaian, Kreasi Busana dan penampilan.
“Diantara kriteria yang diutamakan dalam penilaian, dilihat dari semangat 3 B para wanita, yakni Brain, Beauty dan Behaviour,” jelasnya.


Adapun pemenang pada lomba ini, disebutkan Corri, juara I diraih GOW/DWP, juara II DWP Dinas Kelautan, juara III DWP BPMP-KB. Sedangkan untuk kategori harapan, harapan I dari PKK kecamatan Nanggalo, harapan II DWP Dinas Pendidikan dan harapan III DWP Bappeda. (tf/dv)

Post a Comment