Ads (728x90)

PADANGPOS, (Padang),
Pemerintah Kota Padang kembali menunjukkan kepeduliannya. Kali ini kepedulian tersebut ditunjukkan kepada para penyandang penyandang disabilitas (penyandang cacat – red). Dalam waktu dekat ini Pemko Padang berencana akan membangun trotoar yang diperuntukkan khusus bagi penyandang disabilitas di Kota Padang.

Rencananya, trotoar bagi penyandang disabilitas tersebut dibangun di sepanjang jalan Permindo. Trotoar sepanjang jalan Permindo itu akan dipasang granit serta guiding block dengan disain jalur untuk para pengguna kursi roda dan tongkat. “Di sepanjang jalan Permindo ini akan dibangun trotoar dan riol ramah lingkungan dan berstandar disabilitas,” kata Wakil Walikota Padang, Emzalmi saat melakukan kunjungan ke jalan Permindo, Pasar Raya Padang, Kamis (9/4) pagi kemarin.

Selain itu, ke depannya Pemko Padang juga akan mempercantik kawasan Permindo. Permindo akan dijadikan “Padang Square”nya Kota Padang, sebagai pusat perdagangan yang cukup representatif dan dikunjungi masyarakat. “Belakangan ini kawasan Permindo terkesan tak teratur dan semrawut. Kita akan kembalikan fungsinya menjadi kawasan yang cukup representatif yang kita namakan ‘Padang Square’,” kata Wawako.

Langkah awal, seluruh ruas jalan Permindo akan dibenahi dan disterilkan dari pedagang. Pedagang tidak diperbolehkan berjualan dari pukul 06.00 hingga 15.00 Wib. Kemudian dilakukan pembenahan saluran riol trotoar di kiri dan kanan jalan. “Bagi Pedagang Kaki Lima, kita berharap mereka hanya dapat berdagang dari pukul tiga sore hingga tengah malam dengan dibuatkan tendanya,” sebut Emzalmi.

Para pedagang yang berjualan dari sore hingga malam itu akan dibuatkan tenda. Tenda masing-masing pedagang akan seragam dengan bentuk yang lebih estetika dan menarik. “Perencanaan trotoar dan riol sedang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU),” tukuk Wawako.

Pohon pelindung yang berada di sepanjang sisi jalan Permindo juga menjadi perhatian Wawako. Umur pohon yang sudah tua akan dipotong dan akar pohon yang merusak trotoar dan jalan akan dibersihkan. “Pohon yang sudah tua akan ditata ulang karena berbahaya bagi pengunjung dan masyarakat. Kita lihat sekarang tidak indah lagi malah berbahaya bagi pengguna jalan, apalagi jika angin kencang. Dengan itu nantinya lingkungan juga akan indah,” tambah Emzalmi.

Dalam kunjungan ke kawasan Permindo itu Wawako Emzalmi juga membawa sejumlah kepala SKPD di lingkup kerjanya. Tampak diantaranya, Asisten I Wedistar, Kepala DKP Afrizal Khaidir, Kabag Humas dan Protokol Mursalim serta lainnya.

Di akhir kunjungan tersebut, Wawako Emzalmi terlihat berbincang-bincang dengan seorang penyandang disabilitas, Icun Sulhadi. Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang itu sangat berharap Pemko segera membangun trotoar bagi penyandang disabilitas di kawasan Permindo. “Harapan kami ada jalan yang khusus diperuntukkan bagi kami di kawasan ini,” katanya.(tf/ch)

Post a Comment