Ads (728x90)

PADANGPOS.COM,  (Kota  Pariaman),  

Kejadian bencana memang tidak bisa di prediksi datangnya, baik itu musibah yang datang dari alam maupun bencana kebakaran dan kecelakaan.Terkhusus bencana kebakarandan SAR (Search And Rescue) dalam penanganannya dituntut keahlian khusus bagi setiap personil, baik dalam menggunakan peralatan maupun kemampuan perseorangan.

Untuk mengantispasi semua tuntutan yang ada di lapangan,  setiap personil Damkar diperlukan kesiapanfisik, mental serta tekhnik  khusus untukmenanggulangi setiap kejadian yang terjadi.
Terlebihdalam operasionalnya banyak menanggung resiko bahkan sampai merenggut jiwapersonil Damkar.

Untuk meminimalisir berbagai resiko dilapangan, sebagai korp yang harus di tuntut cepat, tepat danmemerlukan perhitungan yang matang UPTD Damkar Kota Pariaman rutin menjalaniberbagai latihan simulasi penanganan bencana kebakaran.

Latihan ini kami gelar untuk  meningkatkan pelayanan kepada masyarakatdalam penanggulangan bahaya kebakaran, dikatakan kepala UPTD Damkar KotaPariaman Ali Imran disela-sela latihan simulasi penanganan bencana kebakaran dikawasan terminal Jati Pariaman, Senin,(13/04).

“Pembinaankemampuan petugas perlu diupayakan secara terus menerus agar diperoleh tingkatkemampuan yang maksimal, salah satunya dengan melaksanakan latihan rutin bagianggota pemadam kebakaran” ujar kepala UPTD.

“Untuk menunjangkelancaran pelaksanaan latihan yang di selenggarakan setiap dua bulan sekali iniperlu penyusunan dan skenario yang tepat dan terpadu,” tambahanya.

Selain untukmelatih dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil dalampenanggulangan bahaya kebakaran, latihan ini upaya untuk menanamkan kesadaranpengamanan dikalangan personil serta meningkatkan tali silaturahmi anggotapemadam kebakaran di wilayah Kota Pariaman,” tutupnya. (amir)

Post a Comment