Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.  (Padang),  
Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah meresmikan gedung baru Sekolah Dasar Islam Kreatif (SD IK) Makkah, Selasa (28/4). Seluruh murid sekolah yang terletak di jalan Jati 1, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur itu juga mendapat perhatian dari salahsatu bank swasta.

SD IK Makkah milik swasta itu kini memiliki 12 orang tenaga pengajar dengan 52 murid. Uniknya, sekolah ini punya kelebihan tersendiri. Proses belajar mengajar di sekolah ini tak sama dengan sekolah lainnya. Di SD IK Makkah menerapkan tiga bahasa dalam keseharian, yakni bahasa arab, Indonesia, dan bahasa ibu yakni bahasa Minang. Selain itu, siswa yang bersekolah di SD IK Makkah tidak hanya belajar, akan tetapi juga bermain (learning by playing). Sehingga murid merasa nyaman belajar sambil bermain.

Keunikan sekolah tersebut direspon Wako Mahyeldi. Menurutnya, dengan keunikan proses belajar mengajar yang dimiliki SD IK Makkah akan menunjang kualitas serta memunculkan prestasi. “Ke depan, dengan makin bagusnya kualitas SD swasta tentu akan mendorong prestasi dan pendidikan. Dimana-mana, sekolah swasta bisa lebih baik dari sekolah negeri,” kata Wako usai meresmikan SD IK Makkah.

Hemat Wako, lebih baiknya sekolah swasta dibanding sekolah negeri karena tidak ada aturan-aturan yang terlalu mengikat. Pembangunan infrastruktur dan gaji guru di sekolah swasta hanya bergantung dengan kesepakatan antara sekolah dengan orangtua. “Kalau sekolah pemerintah (negeri-red) memang ada standar-standar yang ditentukan. Tak boleh lebih dari itu karena menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” kata Wako.

Tahun depan, SD IK Makkah juga akan menerapkan moving class. Maksudnya, nanti setiap siswa dapat berpindah-pindah kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diikutinya. Guru tak lagi meninggalkan kelas, akan tetapi siswa yang mencari kelas mata pelajaran masing-masing. “Moving class yang akan diterapkan itu seperti Perguruan Tinggi, ini bagus dan yang penting punya standar pokok,” kata Wako Mahyeldi.

Selain meresmikan gedung baru sekolah tersebut, murid sekolah SD IK Makkah juga meraih hadiah dari bank swasta CIMB Syariah. Sebanyak 10 murid mendapat hadiah karena telah berprestasi. Kepala Cabang Bank CIMB Syariah, Edwin menyebut hadiah diberikan kepada siswa yang selama ini mampu berprestasi. “Hal yang terpenting dalam momen ini yakni merajut silaturahim. Dengan silaturahim, nantinya akan ada kerjasama yang baik dan penting untuk dapat digali bersama. Dan Bank CIMB Syariah juga mendukung pendidikan di Kota Padang,” katanya.

Sementara, Kepala Sekolah SD IK Makkah, Asmedi Khaidir mengatakan, sekolah SD IK Makkah memang berbeda dengan sekolah lain. Di samping mengajarkan pelajaran sesuai dengan kurikulum Diknas, sekolah ini juga memiliki keunggulan lain seperti pelajaran ekstrakurikuler dan lainnya. Di mana para murid tak mesti harus mengikuti les dan pelajaran private di luar sekolah.

 “Kita ingin bagaimana pada tahun 2025 nanti semua lulusan sekolah ini menjadi ‘pemain’, orang yang mandiri. Karena kami sangat khawatir dengan kualitas pendidikan di Indonesia yang semakin menurun. Untuk itu kami berharap sekolah ini menjadi sekolah percontohan nantinya,” terangnya.(tf/ch)

Teks foto: Wako Padang, H. Mahyeldi Ansharullah menyerahkan hadiah kepada salahseorang siswa SD IK Makkah berprestasi, Selasa (28/4). Selain memberikan bantuan, Wako juga meresmikan pemakaian gedung baru SD tersebut.

Post a Comment