Ads (728x90)


PADANGPOS, (Padang).
Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) tingkat Kota Padang tahun 2015 dimulai. Prosesi ini, diikuti 274 peserta dari siswa dan siswi yang berjumlah 29 SMA/SMK yang ada di Kota Padang. Sebagai tujuan, yakni dalam rangka mempersiapkan para siswa/siswi untuk menjadi pengibar bendera Merah Putih di istana Kepresidenan RI pada 17 Agustus nanti.

Sehingga, dengan demikian senantiasa diharapkan peserta lebih mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu. Demikian disampaikan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP sewaktu upacara Seleksi calon Paskibra tingkat Kota Padang, di areal parkir Gor Haji Agus Salim Padang, Senin (6/4).

“Untuk itu, para siswa-siswi berlatihlah di sekolah dengan baik, pahami cara-caranya, dan camkan dalam hati bahwa kita bangsa yang besar, berkualitas, kokoh dan tidak bisa dipengaruhi negara lain. Sehingga, raihlah dua peluang menjadi pasukan paskibra mewakili utusan Kota Padang di tingkat nasional,” sebut Wako.

Maka dari itu, lanjut mahyeldi, setiap peserta seleksi Paskibra tingkat Kota Padang, bersungguh-sungguhlah berlatih dan capailah prestasi agar bisa tampil di Istana Negara sebagai pengibar sang merah putih. Ketahuilah bahwa Bendera nasional Indonesia, bendera tersebut, selalu dikibarkan dengan resmi setiap peringatan 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Padang Suardi menyampaikan, sistem rekrutmen ini diikuti siswa/siswi kelas 1 pada beberapa SMA/SMK di Kota Padang yang berjumlah 29 sekolah. Diantara sejumlah peserta, hanya dua pasangan yang nantinya mewakili Kota Padang untuk Paskibra.

"Dalam penyeleksian ini, tidak hanya memiliki tinggi badan dan berat tubuh. Tetapi juga bentuk parade umum saat mereka berbaris. Setelah itu, penilaian lain juga dilakukan mulai dari pengetahuan umum berupa Bahasa inggris, wawasan budaya, minat, kewarganegaraan dan pengetahuan umum lainnya," terang Suardi

Setelah itu, lanjut Suardi, anggota Paskibra dari kota Padang selesai penseleksian dan terpilih akan melanjutkan seleksi ke tingkat Provinsi Sumbar.

"Setelah mengikuti seleksi di tingkat Sumbar, dilanjutkan melaksanakan pelatihan di Sekretariat Negara, Jakarta. Semoga saja para siswa mampu menjadi terbaik di istana pada 17 Agustus 2015 nanti," tutupnya. (tf)

Post a Comment