Ads (728x90)


PADANGPOS,  (Padang).
Sebanyak 30 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Padang dari pelamar umum tahun 2014 akhirnya menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan, Rabu (1/4). Walikota Padang menyerahkan SK tersebut secara simbolis kepada seluruh CPNS di ruang CAT milik BKD Kota Padang di Aia Pacah.

Walikota Padang yang diwakili Asisten III Administrasi, Corri Saidan mengimbau kepada CPNS Pemko Padang untuk tidak terkena “virus”. Virus yang dimaksud adalah terjadinya penurunan semangat kerja saat masuk lingkungan kerja. 

“CPNS yang masih baru tentu memiliki semangat baru. Jangan sampai terkena ‘virus’ atau mengalami ‘turbulensi’ (ketidakstabilan keadaan-red) sehingga terjadi ‘jetlag’ saat akan bekerja di tempat baru,” imbaunya di depan seluruh CPNS baru.

Karena itu, Corri menekankan kepada seluruh CPNS untuk memproteksi diri dari kemungkinan terjadinya ‘turbulensi’ dan ‘virus’ tersebut. “Agar tidak terjadi hal demikian, CPNS mesti memproteksi diri dulu. Yang bisa memproteksi te
ntu saudara sendiri,” katanya.

CPNS sebanyak 30 orang tersebut merupakan hasil penjaringan melalui tes Computer Asissted Tes (CAT) yang digelar November 2014 lalu. Dari 2.108 pendaftar hanya 1.704 pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dan berhak ikut tes.

Corri menyebut, pelaksanaan tes CPNS 2014 lalu dilaksanakan dengan prinsip-prinsip transparan, objektif, kompetitif, bebas KKN, tidak diskriminatif dan tak dipungut biaya. “Untuk itu saudara-saudara perlu bersyukur. Wujud syukur dapat diimplementasikan dengan niat dari awal untuk memulai bekerja dengan ikhlas, jujur, profesional dan loyalitas tinggi,” katanya saat membacakan sambutan tertulis walikota.

Dilakukannya peenyerahan SK kepada CPNS merupakan momentum bagi CPNS untuk mengawali tugas sebagai aparatur pemerintah, abdi negara dan abdi masyarakat. Sebagai abdi masyarakat, CPNS diharapkan mampu menjadi pelayan bagi masyarakat dan tidak sebaliknya. “Yang paling penting harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai visi dan misi organisasi,” tambah Corri.

Dalam menjalankan tugas sebagai aparatur pemerintah, cukup banyak hal yang harus dimiliki. Asisten III berpesan agar seluruh CPNS memposisikan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, termasuk jenis pekerjaan yang baru. Selain itu, CPNS juga harus mampu memiliki semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Terpisah, Kepala BKD Kota Padang, Asnel mengatakan tujuan digelarnya kegiatan penyerahan SK CPNS secara simbolis merupakan tanda ataupun dasar bagi CPNS tersebut memulai pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). “Dari 30 CPNS itu, sebanyak 18 orang dari golongan III/a, sedangkan 12 lainnya dari golongan II/c,” tutupnya.

CPNS Senang Alang Kepalang.
CPNS yang menerima SK pada hari itu terlihat cukup senang alang kepalang. Raut muka ceria terpancar dari wajah mereka saat menggenggam map berisi SK. “Alhamdulilah, senang sekali,” kata Fadli yang hari itu langsung bertugas di Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Eko Saputra juga setali tiga uang dengan Fadli. Lelaki periang yang akan bertugas di Bagian Hukum Setdako ini mengaku akan mengaplikasikan ilmunya dan menjadikan pesan dari walikota sebagai pelecut semangat bagi dirinya dalam bekerja.(tf/Ch)


Post a Comment