Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.  (Padang),
Upaya Pemerintah Kota Padang dalam mempercantik kota cukup diapresiasi sejumlah kota peserta Musyawarah Komisariat Wilayah I (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeks) di Hotel Mercure, 23-25 April.

Mereka pada umumnya kagum dengan cara Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah dalam melakukan pendekatan kepada masyarakatnya.

Walikota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, Syarfi Hutahuruk dalam suatu kesempatan mengatakan, apa yang dilakukan Pemko Padang di kawasan pantai terutama di kawasan Danau Cimpago cukup bagus dalam hal penataan. 

“Ini ide brilian Walikota Padang dalam mempercantik kota. Di sini sudah ada lokasi bagi para pedagang untuk berjualan, sehingga mereka tidak lagi berjualan sendiri-sendiri. Dengan adanya Lapau Panjang Cimpago ini tata kelolanya jadi terjamin,” katanya, Kamis (23/4).

“Upaya Pemko bagaimana agar pedagang di pantai pindah ke Lapau Panjang Cimpago ini semakin menambah bagus Pantai Padang,” tambahnyanya.

Upaya penataan pantai yang dilakukan Pemko Padang sekaligus telah menginspirasi Kota Sibolga. Wako Sibolga menyebut saat ini pihaknya tengah berupaya agar daerah pantai di Sibolga kembali menemukan magisnya sebagai daya tarik wisata. “Kita sedang berupaya untuk itu,” sebutnya.

Namun begitu diakuinya, saat ini cukup banyak kendala yang ditemui. Kota di Sibolga cukup sempit. Ribuan pemukiman penduduk nelayan berdiri di sepanjang pesisir laut Sibolga, 

Sehingga sulit untuk dilakukan penataan pantai. “Ini yang sulit, kecuali ada upaya dan bantuan dari pemerintah pusat dengan membangun jembatan di pesisir pantai sehingga dengan itu dengan sendirinya tak ada lagi pemukiman tersebut,” ujar Wako Sibolga usai mengunjungi LPC Padang.(tf/ch )  

Post a Comment