Ads (728x90)

PADANGPOS.COM,   (Nepal),  
 Mark Zuckerberg dan timnya di Facebook berhasil mengumpulkan dana lebih dari 10 juta dolar (sekitar 130 milyar), untuk disumbangkan kepada korban Gempa Nepal.
Fantastisnya, dana tersebut terkumpul hanya dalam jangka waktu dua hari.

Dana yang akan diberikan sebagai bantuan untuk korban gempa di Nepal itu diperoleh dari fitur "Donate" yang sebelumnya diaktifkan oleh Facebook demi memberikan kesempatan bagi pengguna untuk partisipasi dalam memberikan bantuan

Melalui fitur "Donate", pengguna dapat berdonasi dan mengumpulkan dana yang akan diserahkan kepada tim International Medical Corps (IMC).

IMC merupakan sebuah organisasi yang melakukan penanganan dan pengiriman bantuan, terutama medis, pada daerah-daerah yang terkena dampak bencana.

Dalam unggahan pada laman resmi Facebook miliknya, Jumat (01/04/2015) dini hari, Zuckerberg juga mengatakan bahwa Facebook akan menyumbang dana tambahan sejumlah 2 juta dolar (sekitar 26 milyar).

Selain "Donate", Facebook sebelumnya juga meluncurkan fitur "Safety Check" yang telah membantu ratusan juta pengguna untuk mengetahui keluarga atau rekan yang sudah atau belum aman.
Zuckerberg juga menambahkan fitur tersebut telah membantu tim penyelamat agar lebih fokus dalam melakukan pencarian korban yang belum aman.

Ia juga mengatakan bahwa di situasi krisis akibat gempa itu, penggunaan media sosial semakin meningkat, terutama untuk saling berbagi informasi dan berkoneksi.

Aplikasi seperti Whatsapp, Messenger, Groups, dan Instagram disebutkan menjadi media pendukung untuk mencari bantuan, mengarahkan tim bantuan, dan berbagi info terkait peristiwa ini.

"Sangat menginspirasi sekali melihat komunitas kita ikut berpartisipasi dalam membantu mereka yang sedang berkebutuhan. Kami (Facebook) senang untuk melayani anda, dan bersyukur atas segala bantuan dan dukungan anda kepada korban gempa Nepal," ucap Zuckerberg. dikutib dari tribun

Post a Comment