Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.   (Padang), 

Sebagai bukti sejarah, Kelurahan Kampung Pondok pernah menjadi Kelurahan Terbaik Nasional Tahun 2010, Lurah dan tokoh masyarakat setempat berencana membangun Monumen Adhikarya Bhakti Praja. Monumen tersebut akan dibangun di Simpang Karya.

Hal ini disampaikan Lurah Kampung Pondok Jasmi di kantornya, Selasa (12/5). Menurut Lurah Kampung Pondok, rtencana ini didukung oleh tokoh masyarakat. Mereka mengharapkan semangat kebersamaan untuk membangun kelurahan yang pernah dimiliki warga tetap hidup dan sebagai manifestasi dari simbol monumen tersebut.

"Untuk mewujudkannya, kami telah membentuk panitia pembangunan," ujar Jasmi. 

Panitia pembangunan diketuai Mintarja. Menurut Mintarja, pembangunannya diperkirakan menelan dana Rp 400 juta. "Semua warga Kampung Pondok, baik yang ada di sini maupun di rantau akan kita libatkan dalam pendanaannya. Juga dukungan dari perusahaan - perusahaan yang ada di wilayah ini," kata Mintarja alias Koming.

Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, mengharumkan nama Kota Padang dan Sumatera Barat sebagai Kelurahan terbaik nasional 2010 di masa pimpinan Andree Algamar. 

Pada masa itu, kelurahan yang dikenal sebagai Indonesia mini karena ragam suku hidup rukun, seperti Minang, Tiongha, India, Batak, Nias dan Jawa ini termasuk yang parah terdampak gempa 2009. Banyak warganya yang mengungsi keluar kota karena dihantui gempa susulan dan terjangan gelombang tsunami.

"Sebagai Lurah, saya berkewajiban mengembalikan kepercayaan masyarakat. Kami harus bangkit," ujar Andre yang juga hadir dalam rapat pembahasan pembangunan monumen tersebut.

"Lalu, bersama tokoh masyarakat dan Pemko Padang, akhirnya kami berhasil menghilangan trauma akibat gempa," kata Andree yang saat ini menjabat Sekretaris Polisi Pamong Praja Kota Padang.(tf/du)   

Post a Comment