Ads (728x90)

PADANGPOS.COM,  (Jakarta),
Ketua DPR RI Setya Novanto melihat ada beberapa menteri dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo yang masih bisa dipertahankan tetapi dibutuhkan pembinaan.

Hal tersebut menyikapi isu reshuffle kabinet yang belakangan santer dibicarakan setelah melihat performa kerja sejumlah menteri Jokowi dalam kurun waktu enam bulan terakhir ini.

"Walaupun saya memiliki beberapa pertimbangan, kita percayakan pada presiden. Kita harapkan memang ada beberapa yang memang sudah tidak bisa dievaluasi, tapi ada yang memang perlu ada pembinaan karena baru berjalan enam bulan," ujar Setya Novanto di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Dikatakan dia, pergantian para pembantu presiden tersebut merupakan hak prerogratif presiden. Sehingga DPR RI harus menghormati keputusan presiden bila terjadi reshufle kabinet.

"Tentu sudah diberikan satu evaluasi kepada seluruh kabinet yang ada. Tentu reshufle ini kita harapkan segera, meskipun kita tahu sudah enam bulan para menteri-memterinya dalam menjalankan program," ujarnya.

DPR RI tidak bisa mengintervensi kebijakan presiden terkait kabinetnya. DPR hanya bisa mengawasi kinerja pemerintah sekaligus mengawasi anggaran.

"Ini ada hal-hal yang saya lihat beberapa menteri perlu jadi satu evaluasi dan kita harapkan semua ada di kantong presiden. Mudah mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama ada yang dalam pergantian. Tentu kita serahkan pada presiden," ujar Setya. dikutib dari tribun.

Post a Comment