Ads (728x90)

                                                                                                        PADANGPOS.COM.  (Padang),
Rangkaian kegiatan “Alek Nagari Nan XX” yang bertempat di depan Kantor Camat Lubuk Bagaluang yang baru di Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, resmi dibuka Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah pada Rabu (13/5) siang.

Dalam Alek Nagari Nan XX tersebut, sesuai jadwal diisi dengan beberapa macam perlombaan, bazaar batu akik, penjualan kuliner, hasil kerajinan tangan serta berbagai hiburan lainnya. Sehingga dengan begitu tingginya antusias masyarakat, betul-betul memperlihatkan bahwa masyarakat yang berada di Nagari Nan XX ini sedang “baralek gadang” dalam rangka menyambut peresmian kantor camat yang baru.

Dalam sambutannya Wako Mahyeldi mengatakan, ia sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya Alek Nagari Nan XX dalam rangka menyambut peresmian Kantor Camat Lubuak Bagaluang. Wako pun berharap, dengan menempati kantor camat yang baru dan yang lebih representatif ini, semoga lebih meningkatkan kinerja serta pemberian pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat.

“Kegiatan Alek Nagari Nan XX ini sangat bagus dan tepat sekali diadakan, menjelang peresmian kantor camat nanti. Dimana kegiatannya ada beberapa perlombaan, hiburan dan sebagainya. Sehingga kali ini memang terlihat, antara ASN di Kecamatan Lubuk Bagaluang dengan seluruh elemen masyarakat, begitu kompak dan saling mendukung dalam menyukseskan acara tersebut,” sebut wako.

Wako melanjutkan, ke depan ia mengharapkan agar seluruh jajarannya baik di pemerintah kecamatan dan kelurahan, untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai penunjangnya, wako pun menyampaikan bagi seluruh lurah akan menerima dana insentif sebanyak Rp 2,5 Juta setiap bulannya. Lalu, demi memudahkan para lurah ketika meninjau lingkungan masyarakatnya, juga akan diberikan pengadaan kendaraan operasional yang memadai.

“Sehingga ke depannya, saya berharap tidak ada lagi terdengar pelayanan yang kurang memuaskan ataupun masyarakat yang mengeluh terhadap hasil pelayanan baik di Kantor Camat ataupun Kantor Lurah. Maka dari itu, para camat dan lurah harus bekerja maksimal, terutama selalu sigap terhadap lingkungan dan masyarakatnya,” imbuhnya

Setelah itu Camat Lubuk Bagaluang, Ances Kurniawan menyebutkan, pembukaan Alek Nagari Nan XX dimulai hari ini, Rabu (13/5) berlanjut hingga Minggu (17/5) nanti. Acara puncaknya pada Senin (18/5), yaitu peresmian Kantor Camat Lubuk Bagaluang yang bakal diresmikan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno.

"Semua kegiatan ini murni dari swadaya segenap masyarakat di Kecamatan Lubuak Bagaluang.Hanya agenda utama yang didukung APBD Kota Padang, yaitu peresmian kanotr camat. Harapan kita tentu, semoga saja seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar dan sukses” ungkap Ances.

Adapun untuk rangkaian kegiatan Alek Nagari Nan XX, Panitia Bidang Humas, Andi Meirizal menyebutkan, kegiatan dimulai pada hari ini Senin (13/5), yaitu pembukaan Alek Nagari Nan XX oleh Walikota Padang. Sebelum pembukaan, didahului dengan pengukuhan Pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Lubeg, Pengurus Kecamatan Komite Nasional Indonesia (KNPI) dan Majelis Taqlim.

“Setelah itu, acara dilanjutkan dengan lomba Lagu Minang antar ASN dan masyarakat di Kecamatan Lubeg. Kemudian pada esoknya Kamis (14/5), ada pentas seni, final lomba Lagu Minang. Pada Jumat hingga Sabtu ada Lomba Barzanji, lomba Tari Pasambahan dan lomba Qasidah Rabana dan dilanjutkan Minggu pagi, Gerak Jalan Jantung Sehat serta hiburan malam. Kemudian, selain mengadakan lomba, masyarakata akan menyembelih kerbau yang dimasak dan disuguhkan untuk makan bersama sewaktu peresmian nanti,” terangnya. (tf/dv).  

Post a Comment