Ads (728x90)

PADANGPOS.COM.  (Padang),  
 Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Sekaligus modal untuk mengelola potensi yang dimiliki. Bukan saja beorientasi pada kekayaan alam, tetapi juga mengembangkan sumber daya manusia yang berkuakitas.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Padang H. Emzalmi sebagai amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5).

Pada pelaksanaan upacara yang sempat diguyur hujan lebat di Lapangan Imam Bonjol itu, Emzalmi menegaskan, agar semua elemen peduli dengan gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila.

"Saya menghimbau seluruh insan peduli pendidikan agar mengambil bagian dan peran dari gerakan ini," kata Emzalmi.

Tema Hardiknas tahun ini, "Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila", maka sejalan dengan visi Pemko Padang mewujudkan Padang sebagai kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya.

Guna memperkuat visi tersebut Pemko Padang melahirkan kebijakan, mulai awal tahun pelajaran 2015/2016 maka semua peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan seluruh tingkatan di Kota Padang wajib memakai baju kurung basiba bagi perempuan dan baju taluak balango bagi pria.

"Dengan kebijakan ini diharapkan akan menanamkan kekuatan jati diri, ciri dan identitas kita sebagai suku bangsa yang berbudaya lujur dan mulia," pungkas Wawako.

Sementara itu, Pemko Padang juga memberikan penghargaan terhadap sejumlah guru, pengawas, kepala sekolah, serta siswa berprestasi pada peringatan Hardiknas tahun ini.(tf/du).

Post a Comment