Ads (728x90)


PADANGPOS.COM.  (Bandung),     

 Menjadi ‘Smart City’, sudah suatu keharusan bagi Pemerintah Kota Padang di tengah kemajuan teknologi informasi (IT) dewasa ini. Pasalnya, penerapan ‘Smart City’ dalam penyelengaraan pemerintah akan memudahkan dalam pelaksanaan pembangunan dan penataan administrasi yang terintegrasi.

Implementasi ‘Smart City’ oleh Pemerintah Kota Padang diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama PT Telkom Indonesia dalam perkembangan layanan teknologi informasi. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dengan Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia, Honesti Basyir di Bandung, Sabtu (30/5).

Menurut Walikota, saat ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang sudah banyak menggunakan system pemanfaatan IT. SKPD itu antara lain, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset, dan Dinas Dukcapil. Akan tetapi pemanfaatan IT itu perlu terkoneksi dan belum terintegrasi. “Dengan adanya MoU ini nantinya Padang menjadi kota cerdas, penuh inovasi dan menggunakan teknologi dalam banyak hal,” sebutnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen yang telah terbangun antar SKPD di lingkup Pemko Padang. Setiap pegawai mesti mampu bergerak cepat tidak boleh berlambat-lambat ataupun menghambat. “Lewat MoU ini, semoga cepat terlaksana sehingga harapan masyarakat cepat kita penuhi,” tambah Wako Mahyeldi.

Wako mengakui, selama ini telah terjadi komunikasi dan kerjasama antara Pemko Padang dengan Telkom. Lewat kerjasama ini membuat Pemko Padang susah untuk pindah ke provider lain. “Kami susah ke lain hati. Hemat kami Telkom punya kelebihan banyak hal,” terang Wako.

Diceritakan Wako, terjadinya kesepakatan ‘Smart City’ ini berkat komunikasi yang baik dengan Wako Bandung, Ridwan Kamil. Wako Bandung ini telah membuka komunikasi luar biasa dengan Kota Padang. “Padang cukup spesial saat Ridwan Kamil mempersilahkan Kota Padang menggunakan server ‘Smart City’ milik Kota Bandung. 

Momen ini kita manfaatkan betul,” ujar Wako Mahyeldi.
Saat ini antar kabupaten/kota di Indonesia telah terbangun semangat kolaborasi. Bukan lagi semangat kompetisi dalam arti sempit, sehingga semua daerah di Indonesia lebih maju. “Telkom telah ikut membantu kolaborasi itu,” kata Mahyeldi.

Sementara, Honesti Basyir menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Telkom. Dikatakannya, Telkom memang telah memiliki komitmen untuk memajukan seluruh Indonesia.

Lebih jauh disebutkannya, Bandung memang telah menjadi kota percontohan ‘Smart City’. Lewat ‘Smart City’, cukup banyak yang dapat dilakukan. “Ini akan membuat kondisi di Indonesia semakin bagus ke depannya,” tutur Honesti.

Honesti berharap, dengan terjalinnya kerjasama antara Telkom dengan Pemko Padang akan menjadi semacam kampanye agar kabupaten/kota lain di Sumatera Barat menjadi ‘Smart City’ seperti Padang. “Lewat ‘Smart City’, roda perekonomian akan bagus. Saya mengimbau kepada karyawan agar tidak saja melakukan penandatanganan MoU, akan tetapi ada action nyata dan bagaimana Padang menjadi satu-satunya kota termaju di Indonesia,” tukuknya.(tf/ch
)

Post a Comment