Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang), 
  

Wakil Walikota (Wawako) Padang, H Emzalmi menghadiri puncak peringatan hari jadi Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji di halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) pada Jum'at malam (29/5/2015).

Pada peringatan tersebut, Wawako menyampaikan apresiasi beladiri tradisional dari Pauh yaitu Silek Pauh yang sudah mampu go international. Silek Pauh tidak hanya dipelajari oleh orang Pauh atau Padang dan orang Minangkabau saja, tetapi sudah mampu diminati para pesilat luar negeri. Ini dikarenakan, pada tataran nasional, memang jurus-jurus Silek Pauh ini dianggap mematikan dan langka.

"Sekarang Silek Pauh tak hanya dipelajari anak nagari kita, tetapi juga sudah go international. Ini terbukti, banyaknya pesilat dari luar negeri yang banyak mendalami Silek Pauh di beberapa Sasaran Silek (Perguruan Silat) yang ada di daerah kita. Itu terbeukti, seperti di Amerika dan Belanda, sudah ada perguruan silat yang khusus mengajarkan Silek Pauh seperti Perguruan Silek Paulu Sembilan di Belanda," ungkap wawako dihadapan Ninik Mamak Tapian, Guru Tuo, Kako Silek dan semua elemen untuk melestarikan Silek Pauh,"

Setelah itu, Wawako Emzalmi pun mengucapkan terimakasih kepada Pandeka Syaf Gojo dan Pandeka Anwar yang telah menyusun kurikulum Silek Pauh. Sehingga, senantiasa berharap nantinya Silek Pauh dapat diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang.

"Untuk itu, saya menyampaikan kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang agar bisa mematangkan kurikulum tersebut, sehingga ke depan sudah bisa diajarkan di sekolah-sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler," ujarnya.

Emzalmi memuji langkah FKAN Pauh IX Kuranji yang melestarikan Silek Pauh pada kegiatan hari jadi FKAN Pauh IX yang ke-11 kali ini. Program FKAN Pauh IX yang telah disepakati dalam Rapat Kerja (Raker) beberapa waktu lalu, semoga mampu dilaksanakan sesuai dengan agenda yang telah disusun.

"Program-program FKAN Pauh IX, saya lihat sudah mulai dilaksanakan satu persatu. Banyak diantara program FKAN tersebut yang sejalan dengan program Pemerintah Kota Padang, salah satunya adalah pelestarian seni budaya di Kota Padang. Kita sangat berharap, program FKAN Pauh IX senantiasa berjalan dengan baik secara berkelanjutan," cakap Emzalmi yang juga Anak Nagari Pauh IX ini. (tf/dv).  

Post a Comment