Ads (728x90)


PADANGPOS.COM.  (Padang), 


Sebanyak 16 orang peserta lelang jabatan di 3 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang menjalani tes tertulis hari ini (Senin, 1/6) di ruang CAT BKD Balaikota, Aia Pacah. Tiga SKPD tersebut yaitu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA), dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Panitia Seleksi, DR. Marjohan menjelaskan, ujian tertulis yang dilaksanakan mengacu pada tes yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Sehingga soal – soal yang disajikan juga menyentuh kepemerintahan dan lebih variatif yang diambil dari bank soal yang dimiliki BKN.

“Setelah ini akan ada tes dalam bentuk wawancara. Nanti kita dalami apa yang akan mereka lakukan terhadap tugas mereka. Kemudian jika ada kasus – kasus bagaimana mereka melihat dan menangani. Setelah itu akan dilihat rekam jejak. Lalu kami akan rapat sesuai aturan – aturan ASN sampai mendapatkan tiga orang,” kata akademisi UNP ini.

Menurutnya, dengan menggunakan berbagai instrumen, pansel yang diketuai Sekretaris Daerah Kota Padang itu optimis dapat menentukan tiga calon masing – masing SKPD tersebut.

“Tiga orang masing – masing SKPD ini akan kami sampaikan kepada Walikota. Siapa yang akan dipilih, semua diputuskan Walikota. Yang pasti bertiga yang dipilih itu adalah yang terbaik dari yang terbaik,” ujarnya.

Sedangkan untuk tahapan tes, Marjohan menyebutkan, sudah punya jadwal. “Kita sudah punya jadwal. Ada jadwal pada BKD. Hari Rabu (3/6) wawancara, Kamis (4/6) Forum Discussion Group (FGD). Hari Jumat (5/6) rekam jejak. Kemudian senin depan sudah bisa kami tetapkan tiga orang yang akan disampaikan kepada pak wali,” sebutnya.

Pamong senior Hiptonius yang juga selaku panitia seleksi menilai sistem pemilihan pejabat kepala SKPD melalui lelang yang dilakukan Pemerintah Kota Padang cukup baik. Selain akan mendapatkan pejabat yang betul – betul kredibel dan berintegritas tinggi, sehingga nanti akan mendapatkan hasil kerja yang optimal.

“Mudah – mudahan benar – benar mendapatkan yang terbaik dalam membantu Walikota untuk membangun Kota Padang,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota padang ini.
Sementara itu Kepala BKD Asnel menyebutkan, seleksi 3 SKPD ini merupakan rombongan pertama dengan peserta pegawai yang memenuhi syarat administrasi dari skop Kota Padang. Sedangkan untuk lelang jabatan Kepala Dinas Pasar akan dilaksanakan setelah ini.

“Tes dilaksanakan tanggal 10 April nanti, berlanjut dengan FGD dan Wawancara.
Ini agak berbeda, kata Asnel, karena lelang untuk Kepala Dinas Pasar diambil skop pesertanya se Provinsi Sumatera Barat. “Syaratnya pernah menjabat eselon III 2 kali, darimana saja bisa, dari camat atau Kepala Bagian,” katanya.

Adapun dalam persyaratan yang disebutkan, minimal pernah lima tahun berdinas di bidang yang terkait, menurut Asnel, bukan berarti di dinas tertentu saja. Melainkan pernah menjadi pejabat dalam bidang yang sama, Camat dan sebagainya.(tf/du)

Post a Comment