Ads (728x90)


PADANPOS.COM. (Padang),

   
Kota Padang akan menjadi tuan rumah penyelenggara serahterima kepemimpinan asosiasi negara-negara yang terdapat di jalur Samudera Hindia yang tergabung dalam The Indian Ocean Rim Associaton (IORA). 

Dijadwalkan kegiatan ini berlangsung Oktober nanti. Itu artinya, hanya tinggal lebih kurang empat bulan lagi kesiapan Kota Padang dalam menyukseskan agenda internasional tersebut.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah bersama sejumlah jajaran kerjanya di Pemerintah Kota Padang bersama beberapa akademisi Kota Padang mendatangi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di kediamannya, Kamis (25/6) kemarin. Kedatangan Walikota bersama akademisi itu dalam rangka menyampaikan rencana Kota Padang sebagai tuan
rumah IORA sekaligus memaparkan kesiapan dalam menghadapi iven dimaksud.

Gayung pun bersambut, Gubernur Sumbar menyatakan dukungan penuh pelaksanaan IORA di Kota Padang. Bahkan orang nomor satu di Sumbar ini mengajak seluruh stakeholder untuk memanfaatkan momen tersebut semaksimal mungkin. “Mari kita ambil manfaat semaksimal mungkin,” ujar gubernur di kediamannya siang itu.

Disebutkan gubernur, Kota Padang memiliki banyak potensi yang patut untuk dieksplorasi dalam iven IORA tersebut. Potensi yang cukup menonjol yakni kelautan, pariwisata dan sebagainya. “Karena itu, dalam menyukseskan semua ini perlu dilakukan rapat-rapat teknis dan dukungan seluruh pihak,” terang Irwan. 

Sementara itu Wako Mahyeldi dalam paparannya di depan gubernur menyebutkan tanggal pasti digelarnya IORA sudah ditetapkan. IORA akan berlangsung selama empat hari, 20 – 23 Oktober. “Di akhir agenda itu akan dilakukan rapat KTT negara IORA,” sebutnya.

Ditambahkan Wako, dengan digelarnya IORA ini merupakan momen yang tepat untuk menginternasionalkan Padang. Lewat IORA juga akan menjadikan Padang sebagai pintu gerbang Indonesia bagian barat. “Dalam rangka mempersiapkan itu, Menteri Luar Negeri akan berkunjung ke Padang pada Kamis depan untuk melihat kesiapan kita,” terang Wako.

Ketua Panitia IORA, Didi Aryadi mengatakan, Padang juga menggagas Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF). Forum ini termasuk salahsatu pilar IORA. Dimana forum ini pemersatu pemerintahan di masing-masing negara yang berada di sepanjang pesisir Samudera Hindia. “Harapan kita nanti pada saat IORA juga hadir pemerintah lokal setempat masing-masing negara,” katanya.(tf/ch)

Post a Comment