Ads (728x90)


PADANGPOS.COM/ (Padang),  


Rencana Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah untuk menjadikan Padang sebagai “Smart City” (kota pintar) telah dituangkan ke dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Telkom di Bandung, beberapa waktu lalu. 

Seiring dengan telah terjalinnya kerjasama dengan PT Telkom itu, sejumlah investor mulai melirik kota Padang sebagai tempat untuk menanamkan usahanya.

Salahsatu investor itu yakni PT Duta Persada Network. Perusahaan dibidang networking asal Jakarta ini tengah menjajaki rencana investasi di Padang. Hal ini dibenarkan Direktur Utama PT Duta Persada Network, Zusfan Mansuri sesaat setelah menemui Kepala Bidang Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Windra Deddie di ruang kerjanya, Rabu (17/6). 

“Peluang investasi di Kota Padang cukup besar dan berpotensi untuk dikembangkan. Kami lihat, potensi cukup besar itu dalam pengembangan jaringan internet. Kami ingin warga Kota Padang menikmati jaringan internet gratis,” katanya.

Apabila nanti terjalin kerjasama dengan Pemko Padang, Zusfan menyebut selain memberikan internet gratis bagi masyarakat, pihaknya akan membantu pembuatan website bagi UMKM dan koperasi, sehingga mereka dapat dengan mudah mempromosikan produk dimiliki melalui jaringan internet dan diketahui khalayak luas.

 “Tentunya dengan penanaman kepercayaan (trust) kepada jaringan konsumen terlebih dahulu, sehingga produk-produk yang diiklankan di website dapat terjual dan laku keras,” tukuk Zusfan.

“Bagaimana caranya nanti kita akan bantu. Kita akan buatkan website dan bina mereka dalam sebuah komunitas, sehingga mereka benar-benar mampu memasarkan produk melalui internet. Untuk itu kita akan bicarakan konsep ini dengan Pemko Padang. Jika oke, kita akan investasi di daerah ini,” tambah Zusfan.

Kepala Bidang Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Windra Deddie mengatakan pembiayaan investasi ini murni semuanya dari PT Duta Persada Network tanpa dibebankan kepada APBD Kota Padang. 

Perusahaan tersebut akan membangun jaringan internet se-Kota Padang dan yang menikmati tidak hanya Pemko Padang, tetapi juga warga kota dalam bentuk internetan gratis.

 “Ini dalam rangka menuju Smart City yang akan diterapkan di kota ini. Smart City itu bertujuan memberikan pelayanan maksimal bagi warga kota, salahsatunya internet gratis. Sedangkan bagi Pemko, jaringan internet yang akan dibangun dapat dimanfaatkan untuk CCTV dan teleconference. CCTV itu juga bisa untuk pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana,” tukasnya.(tf/ch / by). 

Post a Comment