Ads (728x90)


PADANGPOS. COM.  (Bandung), 


Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menganugerahkan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Senin (8/6). 

Penyematan lencana dilakukan Pembantu Rektor II IPDN usai Walikota menjadi inspektur upacara bendera di halaman kampus "candradimuka" calon pamong tersebut.

Menurut Pembantu Rektor II IPDN Hyronimus Rowa, penghargaan diberikan karena pemimpin ”Kota Tercinta” ini dinilai telah memberikan kontribusi bagi kemajuan IPDN, terutama dalam pembinaan alumninya. "Perhatian Walikota Padang dalam pembinaan terhadap para alumni suatu yang patut kita hargai. Dengan banyak mendapatkan pembinaan dari kepala daerah di tempat ia bertugas, alumni bisa lebih memiliki integritas," katanya.

Hyronimus menambahkan, penggemblengan dilakukan untuk membentuk karakter mereka agar memiliki jiwa kepemimpinan sebagai bagian dari integritas diri, karena nantinya ketika terjun di masyarakat mereka menjadi garda terdepan pemerintahan daerah.

"Juga agar mereka tidak cengeng. Maka dari masa pendidikan ini ditempa dengan disiplin tinggi. Mereka juga harus menyadari kesalahan dengan menerima hukuman yang sesuai dengan kesalahan mereka," papar Hyronimus.

Sementara itu, Walikota Mahyeldi usai menjadi inspektur upacara bendera yang diikuti seluruh civitas akademika di kampus "candradimuka" para praja itu mengatakan, mahasiswa IPDN adalah calon pemimpin bangsa yang mendapat pendidikan ilmu pemerintahan. 

"Mereka akan menjadi garda terdepan dalam pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga haruslah memiliki bekal pengalaman yang diserap dari sekarang. Baik dari para purna praja, maupun dari para tokoh masyarakat, terlebih dari para pamong senior di daerah " ujar Wako Padang itu.

Menurut Mahyeldi, sebagai tulang punggung pemerintahan, alumni sekolah kepamongprajaan mestilah dapat diandalkan dalam melaksanakan tugas. Cakap dalam mengambil keputusan, dan cekatan dalam menilai situasi yang berkembang.

Saat ini, lanjut Mahyeldi, di Pemerintah Kota Padang banyak alumni IPDN yang menjabat eselon 2,3 dan 4. Semuanya sudah menunjukkan kemampuan dedikasi integritas dan loyalitas yang mumpuni. Mulai dari Sekretaris Daerah, Camat sampai dengan lurah.

"Khusus untuk 11 Camat di Kota Padang saat ini, 7 diantaranya adalah purna praja. Mereka begitu cekatan dan produktif, termasuk salah seorang camat perempuan yang telah menunjukkan kualitas kerjanya," sebut Wako.

Terkait penghargaan yang dianugerahkan terhadap dirinya, Walikota Mahyeldi menyebut sebagai suatu kehormatan yang membanggakan. "Setelah diberi kepercayaan sebagai inspektur upacara lalu disematkan pin kehormatan purna praja, maka ini akan mendorong kami untuk lebih memberikan perhatian terhadap para purna praja yang bertugas di Pemko Padang," tukasnya.(tf/du).  

Post a Comment