Ads (728x90)


PADANGPOS.COM.  (Padang),  


Pamong Senior Rusdi Lubis memberikan masukan-masukan dan kritikan yang membangun tentang Lelang Jabatan. seperti sudah di berlakukan di Kota Padang.

Rusdi Lubis menilai suatu hal yang sangat positif dan baik kedepannya, agar Pemko Padang menempatkan atau memberikan Amanah Jabatan kepada ASN yang berkualitas, memiliki kemampuan, loyalitas yang tinggi untuk mendapatkannya tentu dengan mengadakan seleksi terbuka. bukan dengan Istilah Lelang Jabatan,

Istilah "lelang jabatan " tidak dikenal pada UU No.5 tahun 2014 dan juga pada surat edaran Menpan, tetapi istilahnya yang tepat adalah "seleksi terbuka" untuk menduduki jabatan dilingkungan Organisasi Pemerintah.

Istilah lelang ini menimbulkan interpretasi maupun image yang kurang baik, seolah olah halnya dengan lelang proyek atau lelang lainnya yang menentukan itu siapa yang mau bayar lebih tinggi.

Kalau seleksi , jelas memakai kriteria kriteria objektif yaitu berupa kriteria administrasi dak kriteria fisik, psikis dan kompetensi yang terdiri dari kompetensi tehnis, managerial dan sosial.

Sedangkan Terbuka adalah diberi kesempatan yang sama kepada PNS yang telah memenuhi syarat administrasi untuk menduduki jabatan yang ada/lowong.

Dengan pengertian ini, serta betul betul menerapkan prinsip prinsip tersebut akan menghilangkan adanya kecurigaan, sakwasangka akan terjadi dalam pengsisian jabatan terdapat spoil system dan nepotisme. (fb)

Post a Comment