Ads (728x90)

PADANGPOS.COM  (Tokyo), 

 
Setelah sukses menggelar event budaya Indonesia Galore dan Papua Week pada bulan maret dan Juni lalu di ASEAN-Japan Centre - Tokyo, 


Indonesia kembali menggebrak publik Jepang dengan menghadirkan serangkaian aktivitas promosi pariwisata dan budaya di Tokyo dengan mengusung tema kuat Minangkabau kali ini.

"Di ruang pameran ASEAN-Japan Centre(AJC) - Tokyo, Indonesia kembali melakukan promosi pariwisata selama 5 hari pada 6-10 Juli 2015 dengan mengusung tema Minangkabau Week yang terbuka untuk umum," papar Dananjaya Axioma, Acting Secretary General ASEAN-Japan Centre khusus kepada Tribunnews.com Minggu ini (5/7/2015).

Event tersebut dilaksanakan untuk memperkuat positioning Indonesia di pasar Jepang sebagai destinasi yang beraneka ragam. Dengan mengambil momentum menjelang musim libur panjang musim panas, diharapkan event Minagkabau Week ini mampu mengundang animo masyarakat Jepang untuk lebih mengenal keanekaragaman Indonesia sehingga akhirnya tertarik untuk berkunjung ke Indonesia, tambahnya.

Pada event tersebut, fotografer professional dari tanah Minang, Edy Utama, akan menghadirikan karya-karya terbaiknya. Edy Utama yang sudah beberapa kali berpameran di mancanegara dan baru saja sukses menggelar pameran "Pesona Alam dan Budaya Minangkabau" di Padang bulan April lalu akan menghadirkan 50 foto karya fotografinya yang berkisah tentang dunia Minangkabau mulai dari pesona alam, adat, budaya, kuliner, arsitektur dan manusianya.

Ricky Suhendar, Koordinator fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo menyambut baik upaya promosi Indonesia di ASEAN-Japan Centre, “KBRI gembira dengan setiap prakarsa mandiri dalam melakukan promosi Indonesia di Jepang baik yang diusung institusi pemerintah maupun inisiatif yang datang dari masyarakat dan prinsipnya KBRI senantiasa mendukung”, ujarnya.

Upaya promosi terpadu Indonesia di ASEAN-Japan Centre ini juga mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat Indonesia di Jepang. Nofa Tsukada, diaspora Indonesia yang sudah bermukim belasan tahun di Tokyo menyambut baik event ini mengatakan: “ Event budaya seperti ini sangat bagus bagi masyarakat Jepang karena selama ini mereka umumnya hanya mengenal Indonesia melalui Bali. Oleh karena itu event Minangkabau ini bisa lebih memberikan alternatif tentang destinasi wisata Indonesia lain di luar Bali yang sudah sangat terkenal di sini”.

Minangkabau Week dengan tajuk Minangkabau: Discovering the World’s Largest Matrilineal Society of Sumatra yang juga melibatkan ASITA Sumatera Barat akan diisi oleh aneka kegiatan, di antaranya :

- Pameran foto karya Edy Utama dan Artist talk
- Pertunjukan musik oleh Kuri (Katsu & Miho) yang akan menyuguhkan irama Minang dengan instrument musik tradisional Jepang
- Kuliner Padang dan kopi Indonesia
- Seminar Pariwisata Sumatera Barat
- Seminar Budaya Minangkabau
- Photo corner di mana para pengunjung pameran dapat berfoto dengan pakaian adat Minang.
- Media networking

Event ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata yang membawa delegasi Biro-biro Perjalanan dari Indonesia untuk melakukan Sales Mission pada tanggal 6-7 Juli di tempat yang sama di mana akan juga diselenggarakan kegiatan B to B dengan mengundang operator wisata Jepang.

Event promosi terpadu Indonesia secara berturut-turut ini juga merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya dan pesona wisata Indonesia secara lebih utuh kepada masyarakat Jepang yang cenderung homogen, sekaligus juga memberikan alternatif destinasi lain di Indonesia. “Hal ini juga sesuai dengan arah kebijakan promosi AJC yang ingin mendifersifikasi produk dan destinasi wisata ASEAN, tambah Dananjaya.

Edy Utama sependapat, “Kami ingin memperkenalkan Sumatera Barat ke dunia agar lebih diketahui ada Bali-Bali lainnya di Indonesia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi ”. Kami juga memberi penghargaan tinggi kepada AJC dan KBRI Tokyo yang membantu penuh hingga dapat mengangkat pariwisata Sumatera Barat ke Jepang,” tambahnya.

Minangkabau Week yang akan dibuka secara resmi oleh Dubes RI Dr. Yusron Ihza Mahendra ini juga akan diisi dengan pertunjukan tari, kolaborasi music Minang-Jepang oleh Kuri (Katsu & Miho) dan seminar tentang Minangkabau dari para pakar Jepang dan Indonesia.

Hadirnya Sales Mission dari Kementerian Pariwisata bersinergi dengan event Minangkabau Week ini diharapkan dapat memperkuat kehadiran pariwisata Indonesia di Jepang sehigga akhirnya dapat lebih menstimulasi arus wisatawan antara Jepang dan Indonesia, ujar Dananjaya lagi. dikutip dari tribun

Post a Comment