Ads (728x90)


PADANGPOS..COM,  (New York). 


Sebuah laporan terbaru PBB menyebutkan, penduduk dunia akan mencapai 8,5 miliar jiwa pada 2030, lalu 9,7 miliar jiwa pada 2050, dan melampaui 11 miliar orang pada 2100.

Dalam tujuh tahun ke depan, India bahkan sudah menjadi negara terpadat di dunia lalu menggeser China, dan dalam tempo 35 tahun, Nigeria akan menjadi negara terbesar ketiga dunia, menggeser AS.
Laporan itu juga menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 2015-2050, separuh populasi dunia akan terkonsentrasi di sembilan negara saja, yaitu India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Etiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia, dan Uganda.

Saat ini, China dan India masih menjadi dua negara terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk. Tiap-tiap negara ini memiliki jumlah penduduk di atas 1 miliar jiwa atau 18-19 persen dari populasi dunia.

Namun, pada 2022, menurut laporan PBB itu, jumlah penduduk India sudah akan melampaui China.
Adapun saat ini terdapat 10 negara berpenduduk terbanyak yang tersebar di lima benua. Satu di Afrika (Nigeria), lima di Asia (Banglades, China, India, Indonesia dan Pakistan), dua di Amerika Selatan (Brasil dan Meksiko), satu di Amerika Utara (Amerika Serikat), dan satu di Eropa (Federasi Rusia).

"Dari semua negara itu, Nigeria, yang saat ini merupakan negeri terpadat ketujuh di dunia, mengalami pertumbuhan paling cepat. Pada 2050, jumlah penduduk Nigeria akan melampaui Amerika Serikat, sekaligus menjadi negara terbesar ketiga di dunia," demikian laporan PBB tersebut.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa pada 2050, populasi enam negara di dunia akan mencapai lebih dari 300 juta orang. Keenam negara itu adalah China, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, di sisi lain dunia, terutama di Eropa, populasi penduduk benua ini akan menua dalam beberapa dekade ke depan. Pada 2050, diperkirakan 34 persen populasi Eropa akan berusia di atas 60 tahun.

Adapun di Amerika Latin, Karibia, dan Asia, populasi warga berusia di atas 60 tahun akan sebanyak 25 persen dari jumlah penduduk pada 2050. Saat ini, jumlah penduduk tua di ketiga kawasan itu sebanyak 11-12 persen dari jumlah penduduk. dikutip dari tribun.

Post a Comment