Ads (728x90)


PADANG.COM,  (Jakarta),


Situs radio teleskop terbesar di dunia tengah dibangun di Tiongkok, seluas 30 lapangan sepak bola. Radio teleskop itu sedang dirakit di wilayah pegunungan provinsi Guizhou.

Setelah rampung, teleskop bola yang akan dinamai FAST tersebut, akan melampaui teleskop Arecibo Observatory di Puerto Rico dan menjadi yang terbesar di dunia.

Reflektor FAST memiliki diamter 500 meter dan terdiri dari 4.450 panel berbentuk segitiga dengan sisi panjang 11 meter. Teknisi mengklaim bahwa itu akan 10 kali lebih cepat dari Effelsberg 100-m Radio Telescope buatan Jerman.

Dengan piringan yang lebih lebar, akan memungkinkan teleskop untuk menangkap sinyal lemah. FAST ditempatkan di sebuah lembah yang berbentuk seperti mangkuk dan dikelilingi oleh bukit-bukit.

Tidak terdapat kota, dalam radius lima kilometer, sehingga akan mengoptimalkan penangkapan sinyal radio. Sejumlah ahli meyakini teleskop tersebut memiliki kemampuan untuk dapat mendeteksi tanda-tanda kehidupan alien.

"Memiliki teleskop yang lebih sensitif, maka kita dapat menerima pesan radio lemah dan lebih jauh. Ini akan membantu kita untuk mencari kehidupan di luar galaksi dan mengeksplorasi asal-usul alam semesta," kata Direktur Jenderal Masyarakat Astronomi Tiongkok, Wu Xiangping.

Proyek FAST diperkenalkan pada tahun 2007 dan pembangunannya dimulai pada tahun 2011. Diharapkan proyek ini akan selesai pada tahun depan. dikutib dari tribun

Post a Comment