Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   

Pada tahun ini cukup banyak agenda bertaraf internasional yang akan dituanrumahi Kota Padang. Salahsatunya yakni Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) yang menurut rencana akan ditabuh Oktober nanti.

Guna menyukseskan agenda IORA tersebut, berbagai sektor dibenahi Pemerintah Kota Padang sehingga nantinya menjadi tuanrumah yang benar-benar siap menyambut tamu dari negara-negara yang berada di sepanjang Samudera Hindia tersebut. Salahsatu yang diharapkan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah yakni kesiapan masyarakat Kota Padang dalam menyambut tamu-tamu tersebut. “Kota Padang akan menjadi tuanrumah sejumlah agenda internasional, untuk itu sudah saatnya warga Padang murah senyum,” kata Wako belum lama ini.

Selain mempersiapkan diri dari sisi SDM, Pemko Padang juga tengah merancang percepatan pembangunan infrstruktur dalam mempersiapkan pertemuan IORA dimaksud. Padang bergiat melakukan restrukturisasi beberapa aspek guna persiapan IORA yang tentunya diperlukan dukungan dari banyak pihak, terutama dari pemerintah pusat. “Untuk memacu hal itu dukungan anggaran dari pemerintah pusat akan melancarkan proses tersebut,” kata Wako.

Pembangunan infrastruktur yang dibidik yakni pembangunan pusat pemerintahan di Aia Pacah, pasar raya, terminal, Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang dan bidang lainnya termasuk kemaritiman. Tidak hanya itu saja, pembenahan dan penambahan pada beberapa fasilitas umum lainnya juga tengah diusahakan. Untuk menuntaskan itu, dibutuhkan biaya sebesar lebih kurang Rp 650 miliar.

Upaya yang telah dilakukan Pemko Padang agar diperolehnya biaya pembangunan infrastruktur itu yakni memperkenalkan potensi daerah ke pihak swasta agar menanamkan modalnya di Kota Padang. Wako juga sangat berharap pemerintah pusat segera merealisasikan bantuan tersebut agar pembangunan berjalan lancar.

Padang tidak saja menjadi tuanrumahi IORA, akan tetapi juga berbagai iven seperti Tour de Singkarak (TdS), City Sanitation Summit (CSS), dan lainnya. Agenda internasional lainnya juga digelar pada tahun 2016 dengan harapan Padang sukses menjadi tuanrumah.(tf/ch).

Post a Comment