Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Nagari Pauh IX atau sekarang dikenal dengan kecamatan Kuranji yang dulunya juga dikenal dengan sebutan Mudiak, sekarang bukan lagi kawasan marjinal Kota Padang. 

Sekarang menjadi wilayah utama sejak pusat pemerintahan berada di Aia Pacah, sehingga prioritas pembangunan infrastruktur juga lebih banyak dititik beratkan ke daerah ini.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Ir. H. Emzalmi, M.Si saat mengunjungi Masjid Al Hidayah Gunung Sariak, Kuranji bersama Tim V Safari Ramadhan Pemko Padang, Jumat (3/7).

Wawako Emzalmi yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat mengajak warga untuk bersikap optimis terhadap program pembangunan yang tengah dilaksanakan. Terutama terhadap pelaksanaan 10 program unggulan yang sudah dicanangkan. Tujuannya yang ingin dicapai tidak lain untuk kemajuan masyarakat Kota Padang dan warga Kuranji khususnya.

”Untuk program betonisasi dan pengaspalan jalan lingkungan misalnya, itu bertujuan agar warga mendapatkan akses jalan yang memadai. Sehingga tidak lagi seperti saisuak (zaman dulu) yang kondisinya lacah (becek). Dan orang luar pun enggan menempuh daerah ini,” kata Wawako.

Seiring dengan meningkatnya akses, lanjutnya, maka akan tumbuh usaha - usaha baru yang membuat perekonomian membaik dari sebelumnya. Begitu juga perilaku masyarakat, lambat laun juga berubah untuk mengikuti segala perkembangan di segala bidang.

”Kualitas kehidupan di segala aspek praktis membaik, mulai dari ekonomi, kesehatan, pendidikan, serta pergaulan sosial," ulas Wawako.

Program lainnya, seperti bedah rumah juga telah terealisasi sesuai yang ditargetkan. Program ini bertujuan agar masyarakat memiliki rumah layak huni dan memenuhi standar kesehatan. Program ini juga memancing tumbuhnya kepedulian dan empati masyarakat yang punya kelebihan untuk membantu warga yang kekurangan.

Wawako juga menjelaskan kepada warga terkait pentingnya pendidikan dan keseriusan pemerintah mengupayakan pemerataan pendidikan. ”Makanya dengan pendidikan gratis 12 tahun akan menjangkau seluruh anak usia sekolah, sehingga tak ada lagi yang tidak bersekolah," ujarnya.

Lebih lanjut Wawako Emzalmi mengharapkan dukungan masyarakat Kuranji agar senantiasa mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan setiap persoalan terutama untuk kebaikan bersama. 

Tak lupa, masalah pembebasan tanah konsolidasi pembangunan jalan by pass jalur dua, Wawako minta warga mendukung Camat dan Lurah untuk bermusyawarah menyelesaikannya sehingga tak menjadi hambatan pelaksanaan proyek nasional itu.

Terakhir, warga Pauh IX perlu waspada terhadap ancaman narkoba yang akan merusak generasi penerus bangsa. Narkoba ini sudah merambah kemana, tak terkecuali di Gunung Sarik Kuranji ini. ”Untuk itu bentengi keluarga kita agar tak terjerumus dalam bahaya penyalahgunaan narkoba,"pungkas Wawako.(tf/du)

Post a Comment