Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Padang International Dragon Boat (PIDB) kembali ditabuh. Kali ini iven tahunan tersebut akan tampil beda dari sebelumnya. Diharapkan PIDB ke-13 akan lebih banyak disaksikan wisatawan mancanegara dan domestik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Suardi menyebut pembukaan PIDB ke-13, Jumat (21/8) nanti akan dilangsungkan pada malam hari.

“Sebelumnya pembukaan PIDB dilakukan sore hari, tapi kali ini kita lakukan malam hari,” tegas Suardi di depan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah saat menggelar konferensi pers dengan seluruh awak media cetak dan elektronik di salahsatu restoran ternama di Padang, Rabu (12/8).

Dilakukannya pembukaan PIDB ke-13 pada malam hari karena nantinya seremonial itu dirancang lebih meriah. Acara itu akan semarak dengan suguhan kembang api dan lampion.

“Ini akan lebih semarak, apalagi Padang baru saja berulangtahun ke-346,” terang Suardi.
Pada PIDB sebelumnya, seremonial pembukaan dipusatkan di lapangan parkir GOR H. Agus Salim. Namun kali ini dialihkan ke tribun di bantaran Banjir Kanal, GOR H. Agus Salim.

“PIDB ini tidak hanya iven olahraga prestasi, akan tetapi juga dipadukan dengan wisata sebagai daya tarik,” tambahnya.

PIDB ke-13 akan diikuti 33 tim. Lima tim diantaranya berasal dari luar negeri, yakni Filipina, Hongkong, Malaysia, Singapura dan Uni Emirat Arab. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp 205 juta. 

Terkait cenderamata bagi peserta, pihak panitia telah menyiapkan cenderamata yang terbilang unik dari biasanya.

“Kalau dulu cenderamata yang diberikan adalah sarung, namun sekarang agak beda dan unik. Yakni plakat dengan batu akik lumuik Sungai Dareh yang menempel di plakat tersebut,” ujar Suardi.
Sementara Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah mengatakan pada PIDB ke-13 ini ada terobosan baru yang dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Dengan digelarnya pada malam hari tentu ada sentuhan baru di sini. Diharapkan dengan kegiatan ini akan terbangun kebersamaan serta menarik minat masyarakat lain untuk datang menyaksikan,” ucapnya.

Direncanakan PIDB ke-13 akan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga. Sedangkan penutupan PIDB pada Minggu (23/8) akan dilakukan Menteri Pariwisata.(tf/ch). 

Post a Comment