Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Dengan beroperasinya 15 unit bus Trans Padang, maka sebanyak 5.000 orang penumpang dapat diangkut setiap harinya. Layanannya juga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Ini berarti ada komitmen Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan layanan angkutan umum,” kata Felix Irianto selaku ketua tim penilai untuk anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN) Nasional saat memaparkan hasil pantauannya terhadap sistem dan layanan angkutan umum di Kota Padang bertempat di Hotel Grand Inna Muara, Jumat (31/7).

Menurut Felix, untuk layanan angkutan umum di Kota Padang memang sudah terlihat peningkatan yang signifikan. Hal itu juga dibedakannya warna tiket untuk umum dan pelajar, penempatan halte yang pas serta marka – marka jalan yang terang dan jelas di jalan – jalan utama.

“Begitu juga dengan fasilitas pejalan kaki seperti trotoar yang sudah mengakomodir penyandang disabilitas tunanetra, ini suatu kemajuan yang belum dipenuhi oleh banyak kota lainnya di Indonesia,” sebutnya.

Ia mengatakan, Kota Padang kembali mendapat alokasi bus angkutan massal dari pusat dalam tahun 2015 ini. “Ada 1000 unit bus angkutan massal yang akan dialokasikan ke daerah termasuk Kota Padang,” ujar Felix dalam kesempatan yang dihadiri Ketua DPRD Kota Padang Erisman, beberapa orang anggota DPRD Kota Padang lainnya, Sekretaris Daerah Nasir Ahmad, Asisten II Eyviet Nazmar, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rudi Rinaldi.

Sekda Kota Padang, Nasir Ahmad mengatakan, disamping peningkatan yang sudah dilakukan memang masih terdapat beberapa kekurangan yang akan menjadi perhatian kita bersama. Namun untuk peningkatan yang lebih baik sudah merupakan komitmen Pemko Padang.

“Selain memperbaiki fasilitas yang masih belum semestinya, kita juga akan menyediakan terminal tipe A di Anak Aia yang saat ini sudah dalam proses pembebasan lahan,” kata Nasir Ahmad.

Sedangkan Ketua DPRD Padang, Erisman menekankan agar Pemko Padang, khususnya SKPD terkait lebih menunjukkan keseriusan dalam peningkatan layanan angkutan umum dan sistem transportasi di Kota Padang.

Pihaknya juga mengatakan selalu mendukung kebijakan Pemerintah Kota Padang sepanjang itu untuk kesejahteraan rakyat. “Kami siap mendukung untuk penganggaran,”tukuknya. (tf.du)

Post a Comment