Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang),  


Walikota Padang, H Mahyeldi melaksanakan Jumat keliling (jumling) di Masjid Al - Amilin Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur, Jumat (14/8). 

Dalam setiap kegiatan ini, wako bertindak sebagai khatib Shalat Jumat. Dan setelah Shalat Jumat, dilanjutkan dengan sesi dialog bersama jemaah dan warga setempat. Sebagaimana, di akhir kegiatan pemko memberikan bantuan hibah untuk masjid sebesar Rp 5 Juta.

“Dalam Jumling ini, telah hadir pimpinan SKPD yang akan berdialog dan siap menampung berbagai aspirasi yang disampaikan warga. Harapan dan masukan tersebut, akan kita terima untuk ditindaklanjuti ke depannya,” sebut Mahyeldi.

Adapun lanjut Mahyeldi, untuk seputar realisasi10 program unggulan dan kemajuan Kota Padang,hingga saat ini pemko berangsur-angsur mewujudkannya. Diantaranya, penataan pasar sebagai pusat roda perekonomian masyarakat. 

Kemudian, untuk pendidikan, telah dilakukan pendidikan gratis dengan menggratiskan biaya pendidikan bagi SD, SLTP dan SLTA negeri yang dibawah naungan Kemendikbud RI. Sedangkan untuk sekolah swasta, juga diupayakan dengan memberikan bantuan beasiswa.

“Untuk Pasar Raya Padang, alhamdulillah saat ini sedang berjalan pembangunan Inpres 4 dan pada 2016 nanti juga disusul pembangunan Inpres 2 kemudian juga pasar-pasar satelit. Sehingga, dengan kondisi pasar yang representatif, tentu akan meningkatkan roda perekonomian warga. Untuk ini, lebih kurang memakan biaya sebesar Rp 25 Milyar,” imbuhnya.

Di samping itu, tambah wako, saat ini juga telah berjalan program betonisasi jalan lingkungan di beberapa kawasan. Juga mengenai program santunan kematian, meski tahun 2014 lalu sempat terhenti dikarenakan, adanya teguran BPK RI dan Kemendagri yang melarang pemberian dana bantuan sosial. Lalu, untuk program rehab rumah tak layak huni, ditarget 1000 rumah di 2015 ini.

“Namun, perihal santunan kematian,ke depan akan kita upayakan berdasarkan ketentuan. Yaitu, hanya bagi masyarakat yang telah memiliki KK miskin, Jamkesmas dan Jamkesda,” pungkasnya.

Sementara itu, diantara masyarakat yang hadir pada Jumling tersebut mengemukakan berbagai masukan. Disampaikan Bahri (56), ia mengharapkan perbaikan jalan lingkungan di sepanjang RS M Djamil. Selain itu, juga diikuti Zainul (45), ia mengharapkan seluruh program walikota dan wakil walikota berjalan dengan lancar khususnya untuk pengembangan UMKM di Kecamatan Padang Timur.

“Kami di sini telah merasakan program-program pemko. Semoga saja, seluruh program terwujud dengan baik sehingga Padang lebih maju lagi di masa-masa yang akan datang,” imbuhnya mengakhiri. (tf.dv).

Post a Comment