Ads (728x90)


PADANGPOS.COM.,  (Padang),  


Kota Padang kembali meraih penghargaan. Kali ini dari Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla berupa Tropi Bergilir Masjid Paripurna. Penghargaan ini diserahkan Wapres selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia saat kunjungannya ke Padang dalam rangka peringatan 100 Tahun Adabiah dan Peresmian Pabrik Indarung VI. 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt. Marajo di Mesjid Raya Sumatera Barat, Minggu (23/8). Selain tropi, juga ditambahkan dana pembinaan sebesar Rp. 10 juta.

Menurut Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt. Marajo, penilaian ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Sumbar, dan Dewan Mesjid Indonesia Sumbar dilaksanakan pada bulan Maret 2015 yang lalu.

"Penilaian ini mencakup 3 aspek. Imarak Masjid, administrasi dan lingkungan. Alhamdulillah, kita dinilai memenuhi kriteria untuk ketiga aspek tersebut sehingga meraih Juara I Lomba Masjid Paripurna tingkat Sumbar dan berhak mendapatkan Tropi Bergilir dari Dewan Masjid Indonesia," ungkap Mahyeldi.

Ia menambahkan, upaya Pemerintah Kota Padang untuk meramaikan masjid melalui program-program Pesantren Ramadhan, Semarak Subuh, Wirid Remaja, Didikan Subuh dan sebagainya, telah direspon dengan baik oleh masyarakat. 

Begitu juga untuk aspek administrasi, selalu dilakukan pembinaan administrasi berupa surat menyurat dan keuangan mesjid yang jelas dan transparan. Sedangkan untuk aspek lingkungan, upaya yang dilakukan menumbuhkan kepedulian warga melalui gotong royong membersihkan masjid, menanam penghijauan.

"Upaya kita meramaikan mesjid tidak sekedar untuk kegiatan ibadah rutin saja, terapi juga melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi pembinaan akhlak generasi muda, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Melaksanakan gotong royong untuk kebersihan lingkungan masjid serta memberdayakan ekonomi masyarakat melalui koperasi masjid," imbuh Wako. 

Terakhir, Mahyeldi mengharapkan, dengan penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Padang untuk meningkatkan partisipasi guna mewujudkan masyarakat yang religius.(tf/du).

Post a Comment